Friday, August 22, 2014

Makan Buah dan Sayur Dapat Menurunkan Tensi

Makan Buah dan Sayur Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Para vegetarian atau orang yang sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat baik bagi kesehatan. Buah dan sayur memiliki salah satu manfaat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagi anda vegetarian dibawah ini adalah penelitian mengenai manfaat buah dan sayur untuk menurunkan tensi anda.


Seperti yang dilansir healt kompas bahwa riset yang dilakukan para ahli asal Jepang mengindikasikan sering mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat membantu mengendalikan tensi darah. Hasil penelitian tersebut adalah mereka yang menerapkan diet dengan mengonsumsi buah dan sayuran memiliki tensi darah yang jauh lebih rendah dibanding dengan mereka yang memakan daging.

Para peneliti mengatakan, penurunan tekanan darah ini dari jenis diet vegetarian yang dilakukan. Seperti para responden yang hanya mengonsumsi sayur, kacang, buah atau dengan tetap menyantap telur, ikan, dan susu atau hanya mengindari daging  atau vegan (mereka yang sepenuhnya menghindari produk makanan dari hewan termasuk susu). Namun sedikitnya penelitian khusus vegan membuat peneliti tidak punya data yang kuat secara statistik untuk mempengaruhi secara keseluruhan.

Hasil studi ini juga tak mengungkapkan nutrisi apa saja dalam diet dengan buah dan sayuran yang berperan menurunkan tensi. Namun peneliti  punya beberapa teori yang merujuk pada studi sebelumnya. Studi menunjukkan, pola makan rendah sodium serta tinggi potassium dan protein dari tanaman, bisa menurunkan tekanan darah.


Hasil penelitian yang dikombinasi secara keseluruhan menunjukkan bahwa pola makan buah dan sayuran merupakan salah satu sebab utama penurunan tensi dibanding mereka yang memakan daging, tanpa dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Seorang kardiolog mengatakan bahwa hasil penelitian ini masih sangat awal. Ia masih akan menunggu riset penelitian pendukung lainnya sebelum menyarankan kepada pasien sepenuhnya untuk menghindari daging dan beralih ke vegetarian.

No comments:

Post a Comment