Thursday, August 28, 2014

5 Manfaat Wortel Selain Menjaga Kesehatan Mata

wortel
5 Manfaat Wortel Selain Menjaga Kesehatan Mata Yang Perlu Anda Ketahui. Jika anda mendengar kata wortel, pasti anda akan mengingat manfaatnya yang baik untuk mata. Anda dapat menemukan wortel dengan mudah, karena bahan yang termaksud sayuran ini telah banyak dijadikan sebagai bahan makanan. Selain itu wortel juga dapat dinikmati dengan cara dibuat menjadi jus.


Wortel merupakan salah satu sumber Vitamin A nya yang baik untuk kesehatan  mata. Namun anda perlu tahu juga bahwa wortel juga baik untuk kesehatan tubuh yang lain selain menyehatkan mata. Berikut adalah beberapa manfaat wortel selain menjaga kesehatan penglihatan seperti yang dilansir healt liputan6.

1. Turunkan kadar kolesterol
Wortel kaya akan kandungan serat yang bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Hasil studi mengatakan bahwa mereka yang makan satu cangkir wortel setiap hari dalam waktu tiga minggu dapat menurunkan kadar kolesterol.

2. Mencegah risiko kanker
Kandungan Alphacarotene dan bioflavonoid dalam wortel ternyata baik untuk mencegah risiko timbulnya sel-sel kanker terutama dapat mencegah kanker paru-paru.

3. Mempertajam daya ingat
Sebuah studi dari Belanda menunjukan bahwa kandungan beta karoten pada sayur termasuk wortel melindungi sistem saraf terhadap penuaan. Sehingga mereka yang berumur paruh baya dapat mempertajam ingatan dengan konsumsi sayuran ini.

Hasil penelitian yang lain dari Harvard menambahkan bahwa manfaat wortel bagi kemampuan kognitif. Pria paru baya yang mengonsumsi 50mg suplemen beta karoten setiap hari mengalami penundaan kemampuan ingatan hingga 1 sampai 1,5 tahun dibandingkan dengan meraka yang diberikan plasebo.

4. Mencegah diabetes
Kandungan beta karoten dan antioksidan yang tinggi pada wortel dapat menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka yang memiliki jumlah beta karoten yang tinggi dalam darah memiliki tingkat insulit 32% lebih rendah dibanding dengan mereka yang memiliki beta karoten rendah.

5. Menjaga kekuatan tulang
Satu cangkir wortel mengandung 5 mg vitamin C dan kalsium sebanyak 96mg. Kedua nutrisi ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang, terutama bagi wanita yang terkena menppause.


Itulah beberapa manfaat wortel yang perlu kita ketahui selain menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment