Tuesday, August 26, 2014

9 Manfaat Luar Biasa Buah Naga Bagi Kesehatan

9 Manfaat Luar Biasa Buah Naga Bagi Kesehatan
Khasiat buah naga untuk kesehatan. Buah yang berasal dari meksiko, amerika tengah dan selatan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Buah naga dalam bahasa inggris disebut dengan pitaya. Merupakan buah dari jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Mengapa disebut buah naga karena pada saati dibudidayakan di Cina dan Vietnam buah ini diletakkan di antara dua ekor patung naga.

Buahnya memiliki warna kulit yang menyala dan agak kasar berlapis sehingga mirip sisik ular besar atau naga. Isi buahnya berwarna putih, merah atau ungu dan bijinya berwarna hitam.

Berikut adalah beberapa kegunaan atau fungsi dari buah naga untuk kesehatan yang saya rangkum dari beberapa sumber :

1. Mencegah Diabetes
Rasa manis buah naga merah alami dan kandungan gula yang sederhana membuat buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebuah penelitian yang menunjukan bahwa sering konsumsi buah naga merah membuat kadar glukosa dalam darah menjadi turun.

2. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat alami yang tinggi pada buah naga, membuat buah ini baik melancarkan pencernaan. Bagi anda yang terkena sembelit atau susah BAB dapat mencobah konsumsi buah ini.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan fiber atau serat yang terdapat pada buah naga juga berfungsi mencegah penyakit seperti serangan jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular. 

4. Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga mengandung betakaroten yang berfungsi untuk membuat vitamin A bekerja dan memperbaiki penglihatan. Sehingga dapat menjaga kesehatan mata

5. Meningkatkan nafsu makan
Vitamin B1 dan B2 dalam dunia kedokteran sering digunakan untuk menambah nafsu makan. Kedua vitamin tersebut juga terdapat pada buah naga. Sehingga baik juga untuk menambah nafsu makan. Buah ini juga sangat efektif untuk mengurangi tekanan emosi dan menetralkan racun dalam darah

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang ada pada buah naga dapat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan-serangan penyakit akibat cuaca yang tidak menentu.

7. Menjaga Kesehatan tulang dan Gigi
Buah naga mengandung fosfor dan kalsium. Diketahui bahwa kedua nutrisi tersebut dapat memperkuat tulang dan gigi.

8. Menjaga Kesehatan Kulit
Jika anda ingin kulit menjadi sehat, salah satunya dapat dengan memakan buah naga.  Kandungan vitamin C buah naga dapat menjaga kesehatan kulit. Buah naga dapat dijadikan masker kulit. Masker ini berfungsi dalam menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

9. Melawan Kanker
Selain itu buah naga merah dapat membantu anda menyembuhkan penyakit kanker karena terdapat kandungan vitamin kompleks dalam buahnya. Hal ini sudah menjadi rekomendasikan dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

Itulah beberapa khasiat, fungsi ataupun kegunaan dari buah naga untuk menjaga kesehatan anda. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment