Monday, August 25, 2014

Demi Kesehatan Makan Buah dan Sayur Harus Bervariasi

Demi Kesehatan Makan Buah dan Sayur Harus Bervariasi
Demi Kesehatan Makan Buah dan Sayur Harus Bervariasi. Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Selain berolah raga mengonsumsi buah dan sayur adalah salah satu langkah-langkah yang dapat kita tempuh. Hal ini agar tubuh kita dapat terhindari dari berbagai penyakit-penyakit kronik. Namun agar khasiat yang kita dapati dari konsumsi buah dan sayur, kita harus melakukan variasi buah dan sayur dalam menu harian.


Apakah anda sudah mencukupi kebutuhan konsumsi buah dan sayur setiap hari? Ternyata hanya sebagian orang saja yang dapat mencukupi konsumsi buah dan sayuran. Seperti dilansir helath kompas salah satu studi internasional mengatakan bahwa 88 persen orang dewasa tidak konsumsi buah san sayuran setiap harinya.

Di beberapa negara di dunia yang penduduknya sudah cukup mengonsumsi sayur dan buah, ternyata kebanyakan dari mereka belum mencukupi asupan fitonutrien atau senyawa dari tumbuha. Hal ini karena mereka hanya memakan sayur dan buah dengan jenis yang itu-itu saja, tidak menvariasikan jenis buah dan sayur.

Dalam mencegah penyakit kronik, organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan untuk konsumsi sayur dan buah setiap harinya paling tidak 400 gram atau sekitar lima sajian setiap harinya. Namun jumlah itu saja ternyata tidak cukup, variasi jenis pun menjadi poin yang saat ini sedang ditekankan oleh peneliti.
Sayur dan buah memiliki kandungan substansi bioaktif yang dikenal dengan fitronutrien. Fitronutrien ini melindungi vitalitas dari tanaman. Sebagian melindungi tumbuhan dan buahnya dari radiasi sinar ultraviolet dan sebagian lagi melindungi dari serangan binatang.

Sejumlah studi menunjukkan fitonutrien juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan manusia. Salah satunya adalah membantu mencegah kebutaan karena usia tua, ada juga yang berfungsi dalam melindungi ingatan.

Flavonoid kuersetin yang merupakan salah satu fitonitrien dalam apel dan bawang menunjukkan dampak antioksidan penting yang dapat mencegah kanker. Tidak hanya itu, fitonutrien juga membantu tubuh tetap kuat setiap kali makan sayuran.


Dalam studi baru ini, peneliti asal California State University dan Nutrilite Health Institute mengestimasi, agar mencukupi konsumsi fitonutrien dengan cara memakan buah dan sayur secara bervariasi. Peneliti menyimpulkan, makan sayur dan buah yang bervariasi lebih penting daripada makan dengan jumlah yang sesuai rekomendasi karena buah dan sayur yang bervariasi dapat mencukupi kebutuhan fitonutrien.

No comments:

Post a Comment