Thursday, August 28, 2014

5 Manfaat Kentang dan Kulitnya Bagi Kesehatan

kentang
5 Manfaat Luar Biasa Kentang dan Kulitnya Dalam Menjaga Kesehatan. Selain dijadikan sebagai sayuran atau bahan makanan, kentang juga sudah banyak kita jumpai dalam bentuk cemilan. Dibalik rasanya yang gurih, ternyatan kentang menyimpan beberapa manfaat yang luar biasa. Bukan hanya isinya tapi kulitnya juga mempunyai peran penting bagi kesehatan.


Seperti yang dilansir health liputan6 berikut beberapa manfaat kentang beserta kulitnya :

1. Kaya akan kandungan kalium
Kentang dengan kulitnya memiliki kandungan 1.600 mg kalium. Ini merupakan jumlah dari setengah jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Kebutuhan kalium yang terpenuhi merupakan hal yang penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.

2. Kaya akan kandungan serat
Konsumsi kentang dengan kulitnya dapat memenuhi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan tubuh per harinya. Tanpa kulitnya kentang hanya mengandung 1 gram serat. Memakan kentang dapat membuat anda kenyang lebih lama dan dapat meminimalkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol dan membantu mencegah penyakit diabetes.

3. Merupakan sumber mangan
Satu buah kentang berukuran besar dengan kulitnya memilki kandungan 33% kebutuhan mangan per harinya. Diketahui bahwa mangan berperan penting dalam mengelolah protein, kolesterol dan karbohidrat.

4. Kaya Akan Vitamin C
Kentang dan kulitnya juga mengandung vitamin C. Dalam satu kentang berukuran besar dapat memenuhi setengah Vitamin C kebutuhan harian Anda. Fungsi dari vitamin C sendiri sebagai antioksidan dan membantu menyembuhkan luka serta menjaga kekebalan tubuh anda.

5. Kaya akan Vitamin B6

Konsumsi satu kentang dengan kulitnya dapat memenuhi sekitar 46% Vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh per hari. Vitamin B6 berfungsi dalam sistem kerja kardiovaskular, pencernaan dan menjaga kekebalan tubuh anda.

No comments:

Post a Comment