Tuesday, August 26, 2014

9 Manfaat Buah Merah Papua Bagi Kesehatan

9 Manfaat Buah Mera Papua Bagi Kesehatan
Khasiat Buah Merah Papua Untuk Kesehatan Tubuh. Buah merah hanya dapat di jumapi di tanah papua. Buah ini merupakan buah tradisional orang papua yang disajikan pada saat ada bakar batu. Sebutan buah ini oleh masyarakat papua adalah kuansu. Sering kita dengar dari mulut ke mulut atau dari penjual obat jalanan yang menjual buah merah untuk dijadikan sebagai bahan obat. Ternyata buah merah ini mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan anda.

Dengan meneliti kandungan komposisi gizinya, ternyata dalam ujud sari Buah Merah itu banyak mengandung antioksidan (kandungan rata-rata):
  1. Karoten (12.000 ppm)
  2. Betakaroten (700 ppm)
  3. Tokoferol (11.000 ppm)

Di samping beberapa zat lain yang meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain: asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9 yang semuanya merupakan senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Berikut dibawah ini adalah kegunaan buah merah untuk menjaga kesehatan tubuh :

1. Mencegah Kanker dan Tumor
Buah merah bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kanker dan tumor. Kandungan tokoferol dalam buah merah yang sangat tinggi sekitar 11.000 ppm dan betakarotennya mencapai 7.000 ppm. Kedua senyawa ini  adalah antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Mencegah Stroke dan Darah Tinggi
Salah satu penyebab stroke adalah tekanan darah tinggi yang menyebabkan penggumpalan darah sehingga pembuluh darah menyempit dan supplai darah berkurang. Peran penting tokoferol dalam buah merah dapat mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal. Sehingga dapat mencegah terjadinya darah tinggi dan stroke.

3. Mencegah Asam Urat
Lagi lagi kandungan tokoferol dalam buah merah berfungsi untuk mencegah asam urat. Tokoferol dalam dapat mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever. Sistem kerja lever yang baik memproduksi kadar asam urat yang normal. Sehingga dapat mencegah produksi asam urat yang berlebih yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat.

5. Mencegah Diabetes Mellitus
Kandungan tokoferol dalam buah merah Papua berguna juga dalam memperbaiki sistem kerja pankreas. Pankreas yang normal dapat memproduksi insulin yang dapat mengatur kadar gula darah anda.

6. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis biasa terjadi pada usia lanjut dan disebabkan oleh kekurangan kalsium. Buah merah Papua kaya akan kandungan kalsium sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis. Terdapat 54.000 milgram kalsium dalam 100 gram buah merah segar.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Buah merah kayak akan kandungan betakaroten yang berfungsi untuk mencegah jenis penyakit mata yang disebabkan kekurangan vitamin A. Betakaroten dalam tubuh akan diolah menjadi vitamin A.

8. Meningkatkan Kecerdasaningin meningkatkan kecerdasan, dapat mengonsumsi buah merah. Hal ini karena kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah merah. Kedua nutrisi tersebut dapat merangsang daya kerja otak dan meningkatkan kecerdasan. Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi anak usia dini maupun pelajar.

9. Meningkatkan Gairah Seksual dan KesuburanBuah merah dapat membantu meningkatkan gairah seksual kaum pria. Kandungan vitamin E dalam buah merah Papua berfungsi meningkatkan produksi sperma. Selain itu, buah merah mengandung energi tinggi, yaitu 360 kalori.

itulah beberapa khasiat, fungsi ataupun kegunaan dari buah merah. Selain itu buah merah Papua juga dikenal dapat mengobati penyakit lambung, wasir, gangguan pada paru-paru dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Buah_Merah_Papua diakses tanggal 27 agustus 2014

http://www.buahmerahpapua.web.id/p/khasiat-manfaat-buah-merah.html diakses tanggal 27 agustus 2014

No comments:

Post a Comment