Friday, August 29, 2014

7 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan

manfaat daun bawang bagi kesehatan
daun bawang | photo : magforwoman
7 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan. Daun bawang merupakan salah satu sayuran yang banyak kegunaan dengan aroma dan rasa yang khas. Anda dapat menyajikan daun bahwang menjadi salad, di makan mentah atau bahkan memasaknya. Selain memiliki rasa yang enak daun bawang menyimpan berbagai manfaat didalamnya. Apa saja manfaat daun bawang bagi kesehatan? Yuk kita simak dibawah ini.

Berikut 7 manfaat daun bawang bagi kesehatan seperti yang dilansir oleh magforwoman :

1. Menjaga kekuatan Tulang
12 gm tangkai daun bawang mengandung 20 mikrogram vitamin K dan 1,6 mg vitamin C. Kedua vitamin tersebut penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Pada wanita khususnya, timbulnya osteoporosis dan patah tulang mungkin dapat dicegah dengan konsumsi daun bawang secara teratur.

2. Mengontrol tingkat gula darah
Daun bawang memiliki kandungan alil propil dan kromium. Sementara allyl propyl mengurangi kadar glukosa dalam darah, kromium mengatur gula darah dan menurunkan tingkat insulin. Oleh karena itu, sayuran ini yang terbaik untuk mengatur kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan jantung
Daun bawang merupakan makanan yang ramah terhadap jantung. Dengan adanya kandungan Kromium , vitamin B6 dan sulfur membantu dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Kromium tidak hanya mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat tetapi juga meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, sehingga melindungi jantung Anda dari penyakit potensial. Tekanan darah juga efektif terkontrol dengan konsumsi secara teratur daun bawang karena adanya kalium. Sehingga dapat mencega risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

4. Mencegah kanker
Ketika Anda mengkonsumsi daun bawang secara teratur, Anda juga menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Hal ini karena adanya flavonoid dalam sayuran tersebut. Quercitin adalah flavonoid dalam bawang hijau yang mencegah perkembangan sel-sel kanker di usus besar, sehingga mengurangi kemungkinan kanker usus besar. Kaempferol dalam bawang hijau juga baik bagi perempuan karena flavonoid ini menurunkan risiko yang terkait dengan kanker ovarium setidaknya 40 persen.

5. Membantu mengurangi peradangan
Kondisi peradangan dalam tubuh dapat diatasi oleh daun bawang. Hal ini karena sayuran ini mencegah enzim yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu, bawang hijau harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat anti-inflamasi dan anti-histamin.

6. Membantu meningkatkan imunitas
Daun bawang merupakan sumber yang kaya phytochemical. Zat tersebut mendukung sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan enzim yang menciptakan radikal bebas dalam tubuh manusia. Dengan cara ini, potensi kerusakan jaringan sel dan DNA dapat diminimalisir secara dramatis.

7. Bantuan untuk meningkatkan penglihatan
Kurangnya vitamin A dapat membuat beberapa jenis gangguan penglihatan termasuk kebutaan malam. Satu batang daun bawang mengandung 24 mikrogram vitamin A yang mengkonversi menjadi retinol dan mempertahankan kesehatan mata Anda.


Dengan demikian daun bawang adalah sumber alami nutrisi penting dan vitamin yang bertanggung jawab untuk kesehatan fungsi mata, jantung dan tubuh secara keseluruhan. Batang dan umbi keduanya dapat dimakan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment