Thursday, August 7, 2014

Buah dan Sayuran Untuk Kulit Sehat Sebaiknya Dikonsumsi Segar

Buah dan Sayuran Untuk Kulit Sehat Sebaiknya Dikonsumsi Segar
sayuran hijau photo : healtkompas
Buah dan Sayuran Untuk Kulit Sehat Sebaiknya Dikonsumsi Segar. Banyak yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Jika anda ingin mengambil manfaat dari buah dan sayuran untuk kulit, sebaiknya makan buah dan sayur yang masih segar. Berikut dibawah ini adalah beberapa buah dan sayuran yang baik untuk kulit jika dikonsumsi dalam keadaan masih segar seperti yang dilansir healtkompas.


1. Sayuran berdaun
kandungan fitonutrien pada sayuran berdaun seperti kale dan bayam membantu menjaga kulit tetap kencang. Fitonutrien memberikan proteksi ekstra dari kerusakan akibat sinar matahari. Pada sayuran bayam sangat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung nutrisi seperti beta karoten dan lutein yang terbukti dapat memperbaiki elastisitas kulit.

2. Walnut dan kacang arab (pistachio)
Walnut dan pistachio juga baik untuk kesehatan kulit karena merupakan sumber vitamin B dan E. Vitamin E dapat mencegah penuaan dini karena merupakan antioksidan poten yang dapat melawan radikal bebas dan oksidasi. Dan vitamin B1 memperbaiki sistem sirkulasi sehingga membantu membuat kulit lebih sehat dan tampak berkilau.

3. Beri
Buah beri mengandung antioksidan penghambat penuaan, sekaligus serat, nutrisi yang membantu mengurangi racun dalam tubuh.

4. Jeruk
Jeruk terkenal sangat kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan poten yang juga membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan lapisan yang membuat kulit kenyal dan lembut.

5. Apel
Selain jeruk, buah apel juga tinggi kandungan vitamin C yang membantu untuk produksi kolagen. Buah ini juga mengandung tembaga yang berguna untuk produksi melanin, pigmen coklat pada kulit yang berfungsi sebagai pelindung kulit alami dari sinar matahari

4. Wortel
Kandungan senyawa kimia (polifenol) dengan sifat antioksidan dalam wortel mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Namun polifenol akan mengalami kerusakan setelah melewati proses pemasakan. Kandungan vitamin C pada wortel pun sangat mudah rusak setelah dimasak, sehingga sebaiknya sayuran ini dimakan mentah. Lebih baik wortel dikonsumsi dengan cara dijadikan juz

5. Lalapan
Sayuran yang biasa dijadikan lalapan juga banyak mengandung vitamin C dan B kompleks. Beberapa sayuran juga merupakan sumber vitamin A,D, dan E. Vitamin tersebut merupakan antioksidan alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.


Menurut  Zuckerbrot seorang pakar diet dengan spesialisasi penurunan berat badan dari Amerika Serikat mengatakan bahwa kandungan dari buah dan sayuran diatas ini tidak rusak oleh proses memasak. Karena itulah dapat memberikan manfaat optimal, termasuk untuk kesehatan kulit.

semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment