Saturday, April 12, 2014

Wortel dan Ubi Menurunkan Risiko Tumor Payudara

Ubi dan Wortel Menurunkan Risiko Tumor Payudara Jinak pada Remaja Putri. Penyakit Kanker Payudara merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum hawa. Namun anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini dengan mengonsumsi ubi dan wortel. Selain itu perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur berwarna cerah selagi remaja. Hal ini dapat menurunkan risiko tumor jinak saat dewasa menurut hasil penelitian.


Tumor jinak yang terdapat pada payudara adalah sekumpulan gumpalan tak berbahaya yang bisa berkembang saat remaja. Wanita yang memiliki tumor jinak payudara berisiko kanker payudara 1,5-2 kali lipat dibanding wanita tanpa tumor jinak payudara.

Penelitian yang dilakukan Caroline E. Boeke dari Brigham and Women's Hospital Amerika Serikat beserta timnya mencari hubungan antara mengonsumsi sayuran berwarna saat remaja yaitu ketika jaringan payudara masih berkembang dengan risiko tumor jinak payudara sepuluh tahun kemudian.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa para remaja putri yang mengonsumsi makanan yang kaya akan karotenoid saat remaja dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara ketika mereka dewasa. Karotenoid adalah zat yang memberikan warna merah, oranye, dan kuning pada sayuran dan buah.
Dagfinn Aune yang meneliti tentang kanker dan nutrisi di Imperial College London, Inggris, mengemukakan bahwa karotenoid menyerap radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Karotenoid juga menghambat pertumbuhan sel dan kemampuan tumor kanker membentuk pembuluh darah yang bisa menyuburkan tumor.


Menurut Boeke, sulit menentukan seberapa besar efek konsumsi sayuran tertentu terhadap risiko kanker. Pasalnya, orang-orang yang makan sayuran lebih banyak cenderung lebih sehat secara keseluruhan.
Dengan mengetahui hasil penelitian tersebut, anda dapat menjadikan buah buahan yang kaya akan karotenoid seperti ubi dan wortel sebagai salah satu alternative untuk mencegah tumor payudara jinak yang dapat memicu kanker payudara.

Sumber referensi :
http://food.detik.com/read/2014/04/12/125258/2553190/900/2/konsumsi-ubi-dan-wortel-turunkan-risiko-tumor-payudara-jinak-pada-remaja-putri 

No comments:

Post a Comment