Thursday, April 24, 2014

Cara Benar Makan Sayur Dan Buah Ini Untuk Kesehatan

Dalam mengkonsumsi jenis buah-buahan ataupun sayuran tertentu ternyata ada cara tersendiri. Ini berguna agar kandungan nutrisi yang ada pada buah dan sayuran tersebut tidak berkurang. Sehingga asupan gizinya dapat diterima dengan baik oleh tubuh Anda. Nah dibawah ini adalah cara yang baik dalam mengkonsumsi sayur dan buahan.


Cara memasak dan makan buah dan sayuran yang dianjurkan untuk kesehatan, seperti yang dilansir klikdokter.com :

Sayuran

Sebagian besar orang mengkonsumsi sayurang dengan cara merebusnya. Namun sebenarnya hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Mengkukus merupakan cara yang tepat untuk membantu mempertahankan nutrisi anti-kanker yang ada di dalam brokoli sesuai dengan penelitian dari University of Illinois. Kandungan anti-kanker (Sulforaphane) berada pada sayuran brokoli, kol, kubis, dan argula degan jumlah yang tinggi.  Enzim myrosinase merupakan enzim yang penting untuk mencerna kandungan diatas dapat hilang bila metode masak yang dilakukan salah.
Mengukus dengan panas yang rendah tidak dapat merusak myrosinase. Baiknya adalah mengkukus brokoli menggunakan keranjang 3 -4 menit saja untuk memicu keluarnya kandungan anti-kanker tersebut.

cara terbaik makan sayur dan buah

  
Strawberrie

Buah ini sebaiknya dikonsumsi secara langsung tanpa di potong. Strawberry yang dimakan secara penuh mengandung 8 %– 12% vitamin C lebih banyak dibandingkan buah strawberry yang dipotong menurut sebuah studi thaun 2011 di Brazil. Hal ini terjadi karena vitamin C lebih cepat terpecah saat terpapar oleh cahaya dan oksigen. Untuk meningkatkan kandungan vitamin C, coba simpan strawberry di lemari es. Udara dingin juga membantu menyimpan vitamin C.  


  
Tomat

Untuk memakan tomat, sebaiknya dilakukan pemanasan sebelum dikonsumsi. Memanaskan tomat meningkatkan kandungan Lycopnes, sebuah komposisi kimia yang dapat meningkatkan kadar antioksidan. Sebuah studi yang baru saja diterbitkan oleh The British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang-orang yang sering mengkonsumsi tomat yang mentah menunjukkan kadar Lycopene yang lebih rendah dibandingkan dengan orang lain. Masaklah tomat dengan minyak zaitun untuk meningkatkan kandungan nutrisi. Lycopene ini juga larut dalam lemak, jadi Anda harus mengkonsumsi lemak agar badan dapat menyerap kandungan ini dengan cepat.

No comments:

Post a Comment