Friday, April 25, 2014

Kandungan Gizi dan Pengertian Bengkuang/Bengkoang

Pengertian Buah Bengkuang dan Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Didalamnya. Bengkuang atau biasa juga disebut bengkoang (dalam bahasa ilmiah : Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) yang bagian putihnya bisa dimakan. Bengkuang biasa dijadikan sebagai komponen rujak dan asinan. Selain itu buah ini juga dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama.

Umbi akar (cormus) bengkuang berbentuk bulat atau membulat seperti gasing dengan berat dapat mencapai 5 kg. Kulit umbinya tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih dengan cairan segar agak manis. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium.

Bengkoang juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin!), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Meski beracun, biji bengkuang pun dapat dijadikan bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Keracunan biji bengkuang biasanya diatasi dengan meminum air kelapa hijau dan dapat digunakan untuk mempelancar buang air besar karena bengkuang mengandung serat yang lebih tinggi daripada mangga.

kandungan gizi dan pengertian bengkoang bengkuang


Kandungan Nutrisi Bengkuang Per 100g

Kalori 38

Nilai Harian (%)
Total Lemak 0.1 g
0%
Lemak Jenuh 0 g
0%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 4 mg
0%
Kalium 150 mg
4%
Jumlah Karbohidrat 9 g
3%
Serat Pangan 4.9 g
19%
Gula 1.8 g
Protein 0.7 g
1%

Vitamin A
0%
Vitamin C
33%
Kalsium
1%
Besi
3%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
0%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
3%

* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Sources include: USDA

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bengkuang
google.com 

No comments:

Post a Comment