Friday, September 19, 2014

Rutin Makan Kacang Dapat Mengontrol Gula Darah

Rutin Makan Kacang Dapat Mengontrol Gula Darah

Gulah darah yang tidak terkontrol dapat memicu penyakit diabetes. Hal ini biasa disebabkan oleh faktor makanan. Menjaga pola makan sehat dapat mencegah dan melawan penyakit diabetes tipe 2. Dengan cara memperbanyak makan buah dan sayuran yang segar. Selain itu juga ada makanan yang direkomendasikan mengontrol gula darah.

Seperti yang dilansir oleh health kompas sebuah studi terbaru menunjukan bahwa sering makan kacang-kacangan secara rutin dapat membantu melawan diabetes tipe 2. Makan dua sajian kacang-kacangan setiap harinya mampu mengurangi dan menstabilkan gula darah bagi mereka penderita diabetes tipe 2. Peneliti tersebut kesimpulan berdasarkan 12 uji klinis. Dengan acuan satu sajian didefinisikan untuk 30 gram kacang.

Baca juga : 8 Buah yang dapat mengontrol kadar gula darah

Untuk jenis kacang-kacangan yang paling memberikan manfaat antara lain adalah kacang walnut, mede, kenari, dan pecan. Namun untuk kacang tanah manfaat ini tidak terlihat. Hasil penelitian 450 peserta, konsumsi kacang-kacangan dapat memperbaiki dua kunci penanda dari gula darah yaitu :

1. Perbaikan hasil tes HbA1c yang merupakan perhitungan kadar gula darah selama tiga bulan.

2. Perbaikan kadar gula darah puasa yang merupakan perhitungan gula darah setelah pasien berpuasa selama delapan jam.

Selama penelitian, para peserta diberikan sekitar dua sajian kacang setiap harinya (56 gram).
Ketua studi penelitian Dr John Sievenpiper dari St Michael's Hospital di Toronto mengatakan bahwa kacang merupakan salah satu cara yang dapat membantu untuk menjaga kadar gula darah yang sehat.

Kacang diketahui memiliki banyak kandungan lemak, namun jenis lemak yang dikandung adalah lemak tak jenuh yang diketahui lebih menyehatkan. Kacang juga kaya akan kalori, namun peserta yang mengikuti studi ini tidak ada yang mengalami penambahan berat badan.

No comments:

Post a Comment