Thursday, September 11, 2014

9 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

9 Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan
9 Khasiat Bawang Bombay Untuk Kesehatan. Anda mungkin lebih mengenal bawang putih dan bawang merah sebagai bahan bumbu dapur. Namun ada satu lagi jenis bawang yang perlu anda ketahui, yaitu bawang bombay. Bawang ini juga biasa digunakan sebagai bahan bumbu dapur. Selain dijadikan bahan bumbu dapur bawang putih juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.

Bawang bombay kaya akan kandungan beberapa vitamin yaitu vitamin A, B, dan C. selain itu juga mengandung alsium, fosfor, magnesium, belerang, kromium, zat besi, serta asam folat. Seperti dilansir Merdeka.com berikut beberapa manfaat bawang bombay bagi kesehatan.

1. Kardiovaskular dan menjaga kesehatan jantung
Konsumsi bawang bombay dengan cara di kunyah  dapat menyehatkan jantung Anda. Karena bawang bombay berfungsi sebagai anti-koagulan yang baik. Zat tersebut membantu mencegah pengerasan arteri dan menurunkan kadar homosistein yang mana kondisi tersebut dapat memicu munculnya masalah pada jantung.

2. Sebagai anti inflamasi
Bawang Bombay memiliki sifat anti inflamasi yang berkhasiat untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri E.coli dan salmonella. Selain itu juga bermanfaat untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih.

3. Sebagai anti alergi
Bawang bombay memilki kandungan quercetin. Zat tersebut merupakan suatu zat antihistamin yang dapat mengobati alergi. Zat ini juga sangat mudah diserap tubuh.

4. Meredakan gangguan pernapasan
Zat alami dalam bawang Bombay dapat mengobati pilek dan batuk. Zat alami tersebut mampu mengusir lendir di dalam pernapasan.

5. Mencegah osteoporosis
Untuk mencegah keropos diperlukan mineral kalsium dan mineral tersebut terdapat juga pada bawang bombay.

6. Menjaga kesehatan mulut
Mengunyah bawang bombay dapat menjaga kesehatan mulut anda, karena bawang Bombay dapat membunuh bakteri dalam mulut.

7. Mengobati diabetes
Bawang bombay memiliki kandungan kromium yang dapat membantu menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes dan meningkatkan toleransi glukosa.

8. Meredakan sakit telinga
Oleskan getah bawang bombay di telinga Anda jika anda mengalami sakit telinga. Ini berguna sebagai obat alami.

9. Menurunkan suhu tubuh
Menurut pengobatan tradisional India, menurunkan suhu tubuh dapat diredakan dengan mengoleskan getah bawang di bawah telapak kaki Anda.

itulah 9 manfaat bawang Bombay bagi kesehatan. Selain dijadikan sebagai bahan bumbu dapur Andapun dapat menggunakannya sebagai obat alami. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment