Saturday, September 27, 2014

Ginseng Obat Herbal Andalan Korea

Ginseng Obat Herbal Andalan Korea
Korea merupakan salah satu Negara penghasil obat herbal dan merupakan produsen ginseng tertua dan terbanyak dunia. Disana ginseng merupakan tanaman yang paling terkenal. Telah diketahui bahwa ginseng memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.


Dikutip dari kompas health, akar ginseng telah digunakan selama ribuan tahun untuk pengobatan. Biasanya digunakan untuk perawatan terhadap berbagai penyakit seperti hipertensi, hepatitis, disfungsi ereksi (DE), flu, sampai kanker. Selain itu ginseng juga dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi dan daya kerja otak.

Terdapat dua macam ginseng yang paling umum, yaitu :

1. Ginseng Asia (Panax ginseng)

2. Amerika (Panax quinquefolius).

Uniknya, nama latin 'Panax' berarti 'panacea' atau 'menyembuhkan semua'.

Ginseng merupakan tanaman yang bersifat panas, menghangatkan tubuh, tapi tumbuh di daerah dingin. Tanaman ini termasuk langka dan susah untuk diproduksi, apalagi yang alami. Ginseng dengan beda jenis juga memiliki khasiat yang berbeda pula. Ginseng Asia yang biasa berasal dari Tiongkok atau Korea dapat membantu berkonsentrasi, melawan diabetes dan DE. Sedangkan ginseng Amerika digunakan untuk menyembuhkan diabetes dan mencegah flu. 

Ada beberapa tanaman yang disebut juga sebagai ginseng seperti eleuthero atau ginseng Siberia, namun ginseng jenis itu tidak mengandung bahan aktif ginsenosida. Walaupun namanya ginseng dan dapat menghangatkan tubuh tetap berbeda dengan ginseng asal korea dan manfaatnya.

Kandungan ginsenosida memiliki stuktur kimia yang sama dengan hormon manusia, sehingga nutrisi ginsenosida dapat mengendalikan aktivitas hormon dan menstabilkan kelangsungan saraf. Ginseng mempengaruhi tekanan darah dan produksi insulin, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian lain juga menyimpulkan bahwa ginseng mampu meningkatkan sistem imun, mengurangi gejala salesma, melawan kanker, penyakit jantung, DE, hepatitis C, hipertensi, gejala menopause, dan kelelahan.

Tapi tahukah anda , harga ginseng asli begitu mahal, harga 1 kg ginseng dapat mencapai Rp 200 juta, Harga tersebut sebanding dengan usaha menanam dan manfaatnya yang luar biasa.
Proses pertumbuhan ginseng membutuhkan 1-2 tahun untuk mulai bertumbuh. Setelah 3-5 tahun, barulah akar ginseng itu dapat membesar hingga 5-10 gram. Paling lama, ginseng akan dipanen di usia 6 tahun.waw dapat dibayangkan lamanya dalam memproduksi ginseng.

Ginseng merah Korea

Ginseng merah korea adalah jenis ginseng yang paling mahal. Yang bikin mahal adalah proses ekstraknya, karena tidak bisa sembarangan. Untuk membuat suplemen, proses yang paling umum adalah dimasak atau pakai alkohol, sehingga produsen bisa mengambil komposisi tertentu saja," kata William.

Selain melalui proses ekstrak khusus, ginseng merah Korea mengandung ginsenosida hingga 15 persen. Sementara ginseng berbentuk kapsul, obat, atau tonik biasanya hanya mengandung 1,5 persen. Ginseng merah telah lama dipakai untuk mengobati impotensi. Selain itu ginseng merah juga mampu meningkatkan fungsi seksual wanita tanpa efek samping berbahaya.


Sebaiknya untuk tidak mengonsumsi ginseng terus menerus, walaupun herbal tapi pasti ada efek samping jika dikonsumsi secara tidak tepat. 

No comments:

Post a Comment