Sunday, September 14, 2014

6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan

6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan
6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan. Buah noni atau buah mengkudu telah dikenal dengan khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Salah satunya adalah manfaatnya dalam menjaga kecantikan anda. Buah ini kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Saat ini sudah dapat kita temukan produk lulur dan pewarna rambut yang mengandung ekstrak buah mengkudu.


Untuk lebih jelas mengenai manfaat buah mengkudu bagi kencantikan yuk kita simak rangkumannya dibawah ini seperti yang dilansir oleh merdeka.com

1. Mengatasi jerawat
Mengkudu mengandung bahan anti-inflamasi, anti-bakteri, sekaligus anti-virus yang cukup kuat. Dan juga mengandung berbagai antioksidan, salah satunya vitamin C. Antioksidan dalam mengkudu dapat melindungi kulit dari jerawat dan membantu memperbaiki kerusakan sel kulit anda. 
Sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-virus pada buah mengkudu berfungsi untuk mencegah peradangan dan infeksi lebih jauh. Ini sangat membantu jerawat cepat kering, tidak berubah merah, bengkak, dan bernanah.

2. Mencegah penuaan dini
Garis-garis halus, kekusaman, kulit kering, dan keriput biasa muncul tanpa mengenal usia. Ini karena berepa faktor seperti sinar ultraviolet dan berbagai kosmetik. Kandungan vitamin C dan phytochemical dalam buah mengkudu berfungsi sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas yang dapat menjaga kerusakan kulit. Selain itu juga kandungan selenium dalam mengkudu berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit dari dalam. Anda dapat mengonsumsi rutin jus mengkudu untuk mencegah penuaan dini.

3. Mengatasi peradangan di kulit
Sifat anti-inflamasi juga dapat mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan karena jerawat, sengatan sinar matahari, psoriasis, atau alergi. Kandungan antihistamin didalamnya juga membantu menghentikan peradangan ini.

Penggunaannya dapat dengan cara mengoleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau air perasan buah mengkudu di kulit yang mengalami masalah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian dibilas dengan air bersih.

4. Mencegah rambut rontok
Kandungan vitamin dan mineral dalam mengkudu membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah dan nutrisi ke kulit kepala. Hal ini dapat menjaga kesehatan rambut anda. Caranya anda dapat mengonsumsi rutin jus buah mengkudu atau menggunakan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan untuk creambath

5. Mengatasi ketombe
Mengkudu juga bisa mengatasi masalah ketombe, terutama ketombe yang disebabkan oleh bakteri dan infeksi jamur. Selain itu sifat asam dalam mengkudu juga akan menyeimbangkan pH kulit kepala. pH yang seimbang ini diperlukan untuk menjaga ketahanan kulit dari serangan infeksi kuman dan bakteri. Caranya anda dapat mengoleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan di kulit kepala setiap kali keramas. Lakukan pijatan lembut secara merata lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

6. Mengatasi kutu rambut
Jus mengkudu telah digunakan sejak zaman untuk mengatasi kutu rambut. Hasil gigitan kutu yang sering memicu infeksi pada kulit kepala dapat diatasi dengan mengkudu. Sifat antibakteri dan antivirus pada mengkudu dapat memerangi infeksi dengan memaksa kutu untuk menjauh. Keramas dengan menggunakan jus mengkudu secara teratur dan rutin akan menyingkirkan kutu beserta dengan larva kutu. Hal ini juga dapat menyembuhkan infeksi yang disebabkan gigitan kutu.


Itulah 6 manfaat buah mengkudu untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment