Sunday, September 7, 2014

Pengertian Cabai (Cabe) dan Kandungan Nutrisi Per 100 gram

Pengertian Cabai (Cabe) dan Kandungan Nutrisi Per 100 gram
Pengertian cabai atau cabe dan kandungan gizinya per 100 gram. Jika anda mencoba masakan padang anda pasti akan merasa kepedisan. Rasa pedis dari makanan tersebut berasal dari tumbuhan yang bernama cabai. Buah cabai dapat digolongkan sebagai sayuran ataupun bumbu-bumbuan tergantung dari cara pengolahan dan penggunaannya.

Pengertian Cabai

Cabai atau cabai merah dalam bahasa inggris chili (chili pepper) merupakan tumbuhan anggota genus Capsicum. Cabai dapat dijadikan sebagai sayuran dan bumbu dapur. Rasanya yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Sehingga ada daerah yang setiap masakannya menggunakan cabai sebagai penguat rasa.

Cabai memilki beberapa kandungan senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini terdapat pada cabai hijau. Selain itu cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980). Tidak hanya itu cabai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun karena rasanya yang pedas, cabai harus dimakan secukupnya saja untuk menghindari nyeri lambung.



Table kandungan gizi cabai per 100 gram

Kalories 40
Nilai Harian (%)
Total Lemak 0.2 g
0%
Lemak Jenuh 0 g
0%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0.1 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal fat 0 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 7 mg
0%
Kalium 340 mg
9%
Total Karbohidat 9 g
3%
Serat Pangan 1.5 g
6%
Gula 5 g
Protein 2 g
4%
Vitamin A
23%
Vitamin C
404%
Kalsium
1%
Besi
6%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
15%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
6%
* Nilai persen harian berdasarkan diet 2000 kalori. Nilai harian anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung kebutuhan kalori anda.


Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Cabai diakses tanggal 8 september 2014
Tabel kandungan nutrisi sumber : USDA via google.com

No comments:

Post a Comment