Thursday, September 11, 2014

Manfaat Akar Teratai (Akar Lotus) Bagi Kesehatan

Manfaat Akar Teratai ( Akar Lotus ) Bagi Kesehatan
Akar teratai, atau batang teratai atau biasa juga disebut dengan akar lotus adalah akar dari tanaman air yang disebut teratai. Anda mungkin sudah sering mendengar kata bunga teratai yang sering diperbincangkan. Nah selain bunganya yang sering kita dengar, teratai memiliki batang atau akar yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa nutrisi dalam akar teratai seperti yang dilansir oleh healtmeup:

1. Serat
Akar teratai kaya akan kandungan serat dan rendah kalori, hal ini dapat memungkinkan penurunan berat badan. Selain itu juga mengurangi gula dan kolesterol darah meningkat . Akar teratai juga melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit dan wasir.

2. Vitamin C
Akar teratai sangat tinggi vitamin C, dalam satu porsi 100 gram dapat memenuhi tiga perempat dari kebutuhan harian Anda. Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, protein yang menjaga kulit, pembuluh darah, organ dan tulang. Vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi Anda dari infeksi virus, membantu Anda sembuh lebih cepat, melindungi Anda dari kerusakan sel, mengurangi penuaan, memelihara gusi dan gigi dan mencegah kanker.

3. Vitamin B kompleks
Vitamin B-kompleks merupakan kelompok vitamin terdiri dari beberapa vitamin yang memiliki beberapa manfaat kesehatan, langsung dari mengurangi risiko serangan jantung, meningkatkan mood Anda dengan mencegah iritabilitas, sakit kepala dan stres. Akar teratai mengandung sejumlah besar vitamin B kompleks, pyridoxine (Vitamin B-6) pada khususnya.



4. Mineral
Akar teratai mengandung tembaga, besi, kalium, seng, magnesium dan mangan, yang membantu dalam produksi sel darah merah dan fungsi otot dan saraf. Mereka juga membantu dalam produksi enzim, meningkatkan pencernaan Anda.

5. Elektrolit
Akar teratai memiliki keseimbangan optimum elektrolit, dengan rasio 1: 4 natrium kalium. kalium bekerja dengan natrium dalam mengatur tekanan darah dan detak jantung.

Manfaat lain
  • Minum jus yang terbuat dari akar teratai dapat mencegah perdarahan, baik di perut dan kerongkongan ketika seseorang muntah darah, atau dalam rektum, lambung dan usus jika orang tersebut memiliki darah dalam tinja. Jus dapat dicampur dengan jahe untuk mengobati radang usus.
  • Jus ini juga digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan seperti batuk, asma dan tuberkulosis.
  • Akar teratai teh panas dapat mengobati batuk, dengan membantu mengeluarkan lendir.

No comments:

Post a Comment