Sunday, May 4, 2014

Pengertian Kubis dan Kandungan Gizinya

pengertian kubis / kol dan kandungan gizinya
Pengertian Kubis dan Kandungan Gizinya. Sayur Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Sayuran ini sering digunakan sebagai hidangan lalapan. Nama ilmiah kubis adalah Brassica oleracea L. Kelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan.


Bentuk sayur kubis berupa daun yang berbentuk bundar. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau kepala. Sayuran ini berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan, walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat.
Nama "kubis" diambil dari bahasa Perancis, chou cabus (harafiah berarti "kubis kepala"), yang diperkenalkan oleh sebagian orang Eropa yang tinggal di Hindia-Belanda. Nama "kol" diambil dari bahasa Belanda kool.

Kandungan Gizi dan Manfaat

Sayur Kubis yang masih segar mengandung banyak vitamin (A, beberapa B, C, dan E). Mineral yang banyak dikandung adalah kaliumkalsiumfosfornatrium, dan besi. Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Tabel Kandungan Gizi Sayur Kubis / Kol per 100 gram berdasarkan Nilai Harian 2.000 kalori

Kalories 25


% Nilai Harian*
Jumlah Lemak 0.1 g
0%
Lemak Jenuh 0 g
0%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 18 mg
0%
Kalium 170 mg
4%
Jumlah Karbohidrat 6 g
2%
Serat Pangan 2.5 g
10%
Gula 3.2 g
Protein 1.3 g
2%

Vitamin A
1%
Vitamin C
60%
Kalsium
4%
Besi
2%
Vitamin D
0 µg
Vitamin B-6
5%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
3%
** Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda
Sources include: USDA

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kubis

google.com

No comments:

Post a Comment