Saturday, May 24, 2014

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi Bagi Kesehatan. Daun kemangi sering kita dijumpai rumah makan. Dan sering disajikan mentah-mentah untuk dijadikan sebagai hidangan lalapan. Aroma daun kemangi harum dan rasanyapun enak. Bagi yang sering mengkonsumsi daun kemangi, mari kita lihat manfaatnya bagi kesehatan agar kita mengetahui kahasiat dari daun herba ini. Kemangi bisa dinikmati dengan cara mencampurkannya dalam teh atau jus buah.
Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.

Kandungan Nutrisi daun kemangi menurut Daftar Komposisi Bahan Makanan Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, Daun kemangi termasuk sayuran kaya provitamin A. Setiap 100 g daunnya mengandung 5.000 SI vitamin A. Selain itu banyak mengandung mineral kalsium dan fosfor, yaitu sebanyak 45 dan 75 mg per 100 g daun kemangi.

Berikut Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

manfaat khasiat daun kemangi bagi kesehatan
Mencegah Demam dan Batuk

Kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi pada daun kemangi dapat membantu menguatkan sistem imun. Hal ini dapat membantu tubuh mencegah serta mengobati demam.

Mencegah Kelainan Jantung

Daun kemangi dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah kelainan jantung. Karena protein dalam kemangi berkhasiat menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung. Magnesium dalam kemangi juga berfungsi menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah.

Menyehatkan Mata

Diketahui bahwa vitamin A dapat menjaga kesehatan mata, dan ini dapat ditemukan dalam daun kemangi. Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya.

Menjaga Kesehatan Mulut

Sering mengkonsumsi kemangi dapat juga menjaga kesehatan mulut. Kemangi mempunyai efek menyegarkan bau mulut.

Sebagai Anti inflamasi

Kemangi juga dapat bertindak sebagai anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Selain itu daun kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk menghindari osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat dari daun kemangi, semoga bermanfaat.

Sumber bacaan
http://www.merdeka.com/sehat/5-khasiat-kesehatan-daun-kemangi.html

http://www.tempo.co/read/news/2011/06/14/107340658/Daun-Kemangi-Sahabat-Laki-laki

No comments:

Post a Comment