Thursday, May 29, 2014

Pengertian Ketimun Mentimun dan Kandungan Gizinya

Pengertian Ketimun / mentimun dan Kandungan Nutrisinya. Mentimun, timun, atau ketimun dan dalam bahasa ilimiahnya disebut Cucumis sativus L. termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya dapat dimakan dan sering dijadikan sebagai pendamping makanan atau lalapan sebagai sayuran penyegar. Buahnya memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan.


Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit atau bunga banci. Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Tumbuhan ini dapat menghasilkan 20 buah dalam satu pohon, namun petani biasa membatasi jumlah buahnya agar menghasilkan ukuran buah yang lebih baik.

Warna dari buah mentimun berwarna hijau, ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Klasifikasi Ilmiah

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Cucurbitales
Famili:
Cucurbitaceae
Genus:
Cucumis
Spesies:
C. sativus
Nama binomial
Cucumis sativus L.

Tabel Kandungan Nutrisi Ketimun per 100 gram



Kalori 16
% Nilai Harian*
Jumlah Lemak 0.1 g
0%
Lemak Tunggal 0 g
0%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 2 mg
0%
Kalium 147 mg
4%
Jumlah Karbohidrat 3.6 g
1%
Serat Pangan 0.5 g
2%
Gula 1.7 g
Protein 0.6 g
1%
Vitamin A
2%
Vitamin C
4%
Kalsium
1%
Besi
1%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
0%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
3%
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Sources include: USDA

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Mentimun

No comments:

Post a Comment