Wednesday, May 28, 2014

12 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

12 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan. Bayam merupakan sayuran berdaun hijau dan banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Sayuaran ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada bayam. Dan pada artikel ini akan mengulas mengenai manfaat bayam bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari sayur bayam :

1. Baik Untuk Pencernaan
Bayam sangat baik untuk kesehatan usus. Sayuran ini termasuk yang kaya akan serat. Diketahui bahwa serat sangat baik untuk pencernaan.

Baca Juga : Pengertian Bayam dan Kandungan Gizinya

2. Melawan Sel Kanker
Kandungan vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan tersebut dapat menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

3. Anti-inflamasi 
Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga sayur ini baik bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular
Bayam merupakan sumber folat yang baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Terbukti bahwa beberapa komponen protein dalam bayam mampu memperlambat perubahan peptida angiotensin I menjadi peptide angiotensin II yang dapat mempersempit pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat.

5. Menetralisir Efek Natrium
Makan bayam secara teratur dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena bayam banyak mengandung kalium, yang berfungsi untuk menetralisir dampak buruk dari natrium pada tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.

7. Mencegah Osteoporosis
Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.

8. Mencegah Diabetes
Kandungan Magnesium dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

9. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam bayam membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Mata
Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Selain itu kandungan vitamin A pada bayam sangat bermanfaat untuk penglihatan.

11. Mencegah Gusi Berdarah
Campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan terlalu banyak gula halus.

12. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan Vitamin A, C, E, D, dan B dalam bayam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena vitamin tersebut menjaga jumlah sel imun dalam tubuh.

Selain itu, kerusakan DNA dan mutasi-mutasi di dalam cell-cell usus mungkin bisa dicegah oleh folate yang terdapat di dalam sayuran berdaun hijau ini.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari bayam. semoga bermanfaat

Sumber referensi :
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/02/07/715/Sembilan-Khasiat-Bayam-untuk-Kesehatan
http://life.viva.co.id/news/read/317890-7-manfaat-balik-kelezatan-sayur-bayam

No comments:

Post a Comment