Saturday, March 15, 2014

Manfaat Sari (Air) Tebu Bagi Ibu Hamil

Khasiat Sari Air Tebu Bagi Ibu Hamil. Air tebu sekarang sudah banyak kita jumpai dalam bentuk sari tebu. Penjual – penjual sari tebu sudah mulai banyak disekitar kita. Tahuka anda jika sari tebu tersebut baik juga untuk ibu hamil?. Berdasarkan pendapat para ahli, mengonsumsi sari tebu aman bagi ibu hamil selama sang ibu tidak memiliki gejala atau penyakit diabetes.

Dalam sari tebu mengandung banyak nutrisi dan mineral seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6.
Dibawah ini adalah manfaat sari tebu bagi ibu hamil :

Baca Juga : 10 Buah-Buahan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil

1.Sebagai Sumber Energi
Sari tebu dapat memberikan energi instan untuk ibu hamil dan juga sebagai pelepas dahaga. Sari tebu dapat memenuhi cairan tubuh. Ini berguna untuk ibu hamil yang membutuhkan energy ekstra untuk menjaga kesehatannya.

2. Manfaat Tebu Indeks glikemik rendah
Indeks glikemik atau glycemic index adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula pada makanan. Air tebu memang mengandung kadar gula yang tinggi, namun sebenarnya juga tak terlalu berbahaya untuk pasien diabetes karena gula alaminya memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini akan mencegah kenaikan tingkat glukosa dalam darah jika dikonsumsi secukupnya.




Baca Juga : 7 Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil dan Janin

3. Kaya protein
Dengan mengkonsumsi sari tebu dapat memberikan asupan protein bagi ibu hamil. Karena sari tebu di ketahui mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Protein tentunya penting untuk tubuh ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

manfaat sari air tebu bagi ibu hamil4. Infeksi saluran kemih
Sari tebu baik bagi penderita Infeksi saluran kemih (UTI) , karena biasa membantu mengurangi sensasi terbakar yang sering dirasakan oleh pasien infeksi saluran kemih. Karena wanita hamil rentan terkena infeksi saluran kemih, maka minuman ini bisa membantu untuk meredakan atau bahkan menangkalnya. Air tebu juga bisa dicampur dengan jus lemon dan air kelapa.

5. Menguatkan kekebalan tubuh
Sari tebu dapat memperkuat system kekebalan tubuh, karena kaya akan antioksidan yang bisa membantu menangkal infeksi. Sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat Buah Strawberry Untuk Ibu Hamil

6. Melancarkan pencernaan
Kandungan potassium sangat baik untuk mengatasi konstipasi. Ini baik untuk pencernaan. Ibu hamil biasa mengalami masalah pencernaan dan konstipasi sehingga dengan mengkonsumsi sari tebu dapat mengatasi hal tersebut.

7. Kaya antioksidan
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam air tebu adalah flavonoid dan phenolic. Antioksidan ini baik untuk mencegah infeksi dan juga untuk menangkal peradangan dan alergi pada ibu hamil. Kandungan antioksidan ini membuat sari tebu sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat dari sari tebu untuk ibu hamil. Jika ibu hamil terkena penyakit gula atau diabetes, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi sari tebu. Selain manfaatnya untuk ibu hamil, sari tebu ini juga bermanfaat bagi orang lain.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Sumber referensi :
http://www.merdeka.com/sehat/7-manfaat-air-tebu-untuk-ibu-hamil

No comments:

Post a Comment