Monday, March 31, 2014

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil dan Janin

Khasiat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil dan Janin. Buah kurma merupakan sumber zat besi yang baik. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, terutama selama kehamilan karena meningkatnya volume darah dan tuntutan perkembangan bayi untuk memproduksi jutaan sel darah merah. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin K yang diperlukan untuk pembentukan darah dan tulang. Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah jenis glukosa yang mudah diserap tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.

Baca Juga : 10 Buah Buahan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah ulasan tentang manfaat buah kurma untuk Ibu Hamil dan Janin :

1. Memberikan Energi Ekstra Pasca Persalinan. 

Kurma dapat mengembalikan tenaga dalam waktu singkat bagi ibu hamil yang telah melewati masa persalinan. Di dalam sebutir kurma terdapat protein 1,8-2 persen, serat 2-4 persen, glukosa 50-57 persen.

Baca Juga : 6 Manfaat Luar Biasa Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil dan Janin

2. Melancarkan Buang Air Besar (BAB) 

Ibu yang telah melahirkan disarankan tidak mengejan saat BAB agar jahitan tidak robek. Untuk itu agar lancer dalam BAB mengkonsumsi kurma adalah salah satu solusinya. Karena kandungan vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium dan serat dalam kurma dapat memperlancar BAB

3. Memperlancar produksi ASI. 

Untuk memperlancar Asi, buah kurma juga dapat membantu. Zat besi dan kalsium yang banyak terkandung pada buah kurma merupakan pembentuk ASI yang sangat baik. Kurma dapat membantu agar menghasilkan ASI yang berkualitas dengan kaya nutrisi, vitamin dalam jumlah melimpah.

Baca Juga : Pengertian Kurma dan Kandungan Gizi Nutrisinya Per 100 gram

4. Mengecilkan rahim. 

Kandungan hormon (potuchsin) pada kurma berkhasiat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa membantu mengecilkan rahim usai persalinan sekaligus mencegah perdarahan rahim.

5. Membantu Pembentukan Gigi Bawah Gusi Pada Janin

8 biji kurma mampu menyumbangkan 5 gram serat. Meskipun mengandung gula dalam jumlah yang tinggi, 
tetapi kurma juga mengandung kalsium, fosfor, kalium dan magnesium. Hal ini penting untuk perkembangan pembentukan gigi di bawah gusi pada bayi yang masih dalam kandungan.

Baca Juga : 5 Manfaat Buka Puasa Dengan Buah Kurma

Itulah beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil dan janin, semoga bermanfaat

Sumber referensi :
http://ayuherbal.web.id/4-manfaat-kurma-bagi-ibu-hamil-dan-menyusui/
http://health.detik.com/read/2012/07/25/175430/1974831/1299/kurma-dan-tebu-penting-untuk-ibu-hamil

No comments:

Post a Comment