Sunday, March 2, 2014

Kandungan Gizi Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Khasiat Wortel. Wortel adalah tumbuhan biennial yang siklus hidupnya 12 - 24 bulan. Menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar dan tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya.

Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara seperti di makan mentah, dibuat jus ataupun dijadikan sebagai sayuran. Pada wortel mentah hanya 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat ditingkatkan hingga 39% melalui pulping, memasaknya dan menambahkan minyak sawit. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.

Baca Juga : Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Nilai Kandungan Gizi Wortel per 100 g (3.5 oz)

Energi 173 kJ (41 kcal)
Karbohidrat 9 g
Gula 5 g
Diet serat 3 g
Lemak 0,2 g
Protein 1 g
Vitamin A equiv. 835 mg (93%)
Beta-karoten 8285 mg (77%)
Thiamine (Vit. B1) 0.04 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 1.2 mg (8%)
Vitamin B6 0,1 mg (8%)
Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
Vitamin C 7 mg (12%)
Kalsium 33 mg (3%)
Besi 0,66 mg (5%)
Magnesium 18 mg (5%)
Fosfor 35 mg (5%)
Kalium 240 mg (5%)
Sodium 2,4 mg (0%)
Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa.

Baca Juga : Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

kandungan gizi dan manfaat wortel bagi kesehatanMenjaga Kesehatan Mata
Wortel kaya betakaroten (vitamin A) yang dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh.

Kurangi Resiko Kolesterol
Menurut Penelitian yang dilakukan oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi segelas jus wortel segar setiap malam setelah makan malam.

Mencegah Stroke
Penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke.

Mencegah Kanker.
Kandungan betakaroten yang tinggi pada wortel dapat membantu mencegah kanker. Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Selain kaknker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.

Baca Juga : Manfaat Luar Biasa Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Baik untuk pencernaan
Kandungan Serat pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar. Manfaat lain dari mengonsumsi wortel adalah baik untuk kesehatan pencernaan.

Membersihkan darah.
Manfaat kesehatan terbaik dari mengonsumsi jus wortel adalah membersihkan darah dengan cara mengkonsumsi jus wortel sekali dalam sepekan.

Meningkatkan sperma
Para peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi wortel dapat meningkatkan kualitas sperma. Jadi, pria yang sedang merencanakan sebuah keluarga sangat disarankan mengonsumsi wortel mentah selama periode ovulasi.

Melindungi dari radikal bebas
Kandungan vitamin C pada wortel dapat mencegah radikal bebas, sehingga membantu tubuh terhindar dari berbabagi pernyakit.

sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Wortel
http://health.okezone.com/read/2013/12/06/486/908565/large
http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/10/wortel-carrot.html

No comments:

Post a Comment