Tuesday, March 25, 2014

Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Ceri Bagi Kesehatan. Ceri adalah salah satu buah kalori sangat rendah, namun merupakan sumber yang kaya nutrisi, vitamin, dan mineral. Buah yang dikenal dengan hiasan untuk kue tart ini ternyata memiliki beberapa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Konsumsi buah ceri dapat memenuhi asupan harian zat besi, kalium, magnesium, besi, serat dan folat

Ceri adalah buah-buahan yang kaya pigmen. Pigmen ini, pada kenyataannya, adalah senyawa flavonoid polifenol yang dikenal sebagai glikosida antosianin. Anthocyanin merah, ungu atau biru adalah pigmen yang banyak ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran, terutama terkonsentrasi di kulit tumbuhan, diketahui memiliki sifat anti-oksidan kuat.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa anthocyanin dalam ceri ditemukan untuk bertindak seperti agen anti-inflamasi dengan menghalangi tindakan-siklooksigenase 1, 2 dan enzim. Dengan demikian, konsumsi ceri memiliki efek kesehatan potensial terhadap episode menyakitkan kronis seperti arthritis gout, fibromyalgia (kondisi otot yang menyakitkan) dan cedera olahraga.

Kandungan kalium yang tinggi pada buah ceri mengontrol retensi air dan membantu dalam pengobatan penyakit neurodegenerative autoimun dan penyakit jaringan ikat

Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan

1. Anti inflamasi

manfaat dan khasiat buah ceri bagi kesehatanKandungan anthocyanin dalam ceri membuat buah ini dikenal sebagai anti-inflamasi yang kuat. Hal itu dikarenakan kandungan anthocyanin dalam ceri yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa anthocyanin dalam ceri ditemukan dapat bertindak seperti agen anti-inflamasi dengan menghalangi tindakan-siklooksigenase 1, 2 dan enzim. Dengan demikian, konsumsi ceri memiliki efek kesehatan potensial terhadap penyakit kronis seperti arthritis gout, fibromyalgia (kondisi otot yang menyakitkan) dan cedera olahraga.

2. Menyembukan Radang Sendi.

Penelitian oleh Arthritis Foundation mengatakan bahwa minum jus ceri sebanyak tiga kali dalam sehari bisa menyembuhkan radang sendi.

3. Menjaga Kesehatan jantung

Penelitian di Universitas Michigan menemukan bahwa buah ceri bisa menurunkan semua risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, lemak tubuh, dan kolesterol.

4. Mencegah Kanker

Para peneliti telah menemukan kandungan antioksidan cyanidin  yang tinggi pada buah ceri sangat efektif untuk melawan kanker.

5. Meningkatkan Memori atau Ingatan

Selain itu kandungan antosianin pada ceri juga sangat baik untuk otak dan dapat meningkatkan memori atau ingatan secara signifikan.

6. Kandungan beta karoten

Ceri memiliki kandungan beta karoten yang paling tinggi, yakni 19 kali lebih besar dari blueberry atau stroberi.

7. Obat tidur alami
Ceri mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur tubuh. Maka dari itu, makan ceri bisa meningkatkan siklus tidur yang baik. Alhasil, tubuh pun menjadi lebih bugar dan sehat.

Melatonin dapat melintasi penghalang darah di otak dengan mudah dan menghasilkan efek menenangkan pada neuron otak, menenangkan sistem saraf iritabilitas, yang membantu meringankan kondisi neurosis, insomnia dan sakit kepala.

8. Peningkat Libido

Jus ceri mengandung vitamin A dan C yang dipercaya bisa meningkatkan libido pada pria dan wanita. Vitamin A dapat meningkatkan kadar testosteron dan estrogen, sedangkan vitamin C meningkatkan nafsu seksual dan meningkatkan volume semen pria.

9. Mengurangi Asam Urat

Jus ceri membantu mengurangi kadar asam dalam darah dan sakit asam urat. Bahan kimia yang disebut anthocyanin dalam ceri juga ampuh mengurangi peradangan, sehingga ceri dapat digunakan untuk mengurangi nyeri sendi, serta mengurangi efek dari osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Penelitian yang dilakukan oleh Human Nutrition Research Center di University of California menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi 280 gram tart ceri menunjukkan pengurangan 15 persen kadar asam urat dalam semalam.

Disamping itu , buah in memiliki zat asam yang  tinggi, sehingga disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsinya jika memiliki penyakit maag atau sensitif terhadap rasa asam.

Itulah beberapa manfaat dari buah ceri. Walaupun buah ini terkenal sangat mahal tapi tidak ada salahnya jika mencoba untuk mengkonsumsi buah ini demi menjaga kesehatan
Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :
http://www.merdeka.com/sehat/7-khasiat-buah-ceri-bagi-kesehatan-tubuh-anda.html
http://www.nutrition-and-you.com/
http://www.frontroll.com/berita-3260-buah-ceri--atasi-asam-urat-dan-tingkatkan-libido.html

No comments:

Post a Comment