Wednesday, October 1, 2014

Buah dan Sayur Yang Dapat Menjaga Kesehatan Pankreas

Buah dan Sayur Yang Dapat Menjaga Kesehatan Pankreas
Bagi orang awam, mungkin lebih mengetahui organ tubuh, jantung dan lambung. Tapi mereka sering kali meremehkan organ tubuh seperti pankreas. Pankreas memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh yaitu untuk memproduksi berbagai macam hormon penting seperti insulin, polypeptida, somatostatin, dan glucagon. Pankreas adalah bagian dari sistem pencernaan yang terletak pada bagian perut.


Seperti yang dilansir oleh merdeka.com berikut beberapa buah dan sayuran yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk menjaga kesehatan pankreas.

1. Bawang putih
Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang populer. Terdapat kandungan sulfuir, arginine, selenium, dan flavonoid dalam bawang putih yang bisa mencegah kanker pankreas.

2. Bayam
Sayur bayam dapat menjaga kesehatan pankreas anda. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the National Cancer Institute mengatakan bahwa mengonsumsi bayam dan sayuran lainnya dapat  mencegah kanker pankreas.

4. Cherry
Cherry merupakan salah satu sumber antioksidan alami. Antioksidan tersebut sangat baik untuk mencegah kanker pankreas.

5. Jamur
Jamur juga diketahui dapat menjaga kesehatan pankreas. Ekstrak jamur bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pankreas. Jamur kaya akan kandungan serat, selenium, potasium, dan vitamin D2 serta hanya mengandung sedikit kalori.

6. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan flavonoid yang disebut apigenin. Zat tersebut berfungsi melindungi jaringan pankreas. Untuk mendapatkan manfaat lebih dari brokoli sebaiknya dimakan mentah atau di kukus ringan.

7. Ubi jalar
Ubi jalar merupakan salah satu makan pokok untuk daerah papua. Selain enak, ubi jalar dapat melindungi pankreas dan membantu pelepasan gula secara berkala dalam tubuh. Sehingga  juga bisa melindungi sistem pencernaan anda.

8. Anggur merah
Buah anggur merah memiliki kandungan resveratol yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan pembuluh darah dan peradangan. Untuk menjaga pankreas, antioksidan ini bisa mematikan sel kanker pankreas.


Itulah beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat menjaga kesehatan pankreas. Sebaiknya anda perlu tahu mengenai fungsi dan akibat dari terjadinya kanker pankreas, sehingga anda lebih peduli terhadap kesehatan pankreas. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment