Tuesday, October 14, 2014

Konsumsi Jus Jeruk Tiap Hari Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

jus jeruk
Jus jeruk | Photo : health.liputan6.com
Bahaya mengonsumsi jus jeruk setiap hari yang mengandung kadar gula tinggi. Anda mungkin tidak mengira bahwa jus buah jeruk yang dalam bentuk kemasan jika dikonsumsi tiap hari dapat membahayakan kesehatan. Hal ini telah di uji dalam sebuah penelitian di Australia. Penelitn tersebut menemukan bahwa segelas jus jeruk di pagi hari setiap hari bisa meningkatkan risiko serangan jantung atau angina.

Ilmuwan dari Swinburne University of Technology di Hawthorn, Australia mengemukakan bahwa adanya hubungan antara segelas jus jeruk dengan pembesaran aorta yaitu arteri yang berfungsi memompa oksigen ke seluruh tubuh. Hal inilah yang membuat Dr Matthew Pase mengatakan bahwa temuan ini penting karena mengingat banyak yang beranggapan bahwa jus buah sehat. Namun sebenarnya jus umumnya mengandung jumlah gula yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan.

"Jus buah cenderung mengandung gula yang berlebihan. Seperti yang dijual kemasan, hal ini dapat memperburuk prevalensi hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit kardiovaskular," kata Pase, seperti dilansir health liputan 6.

Dr Matthew Pase lebih lanjut menjelaskan bahwa jus buah bisa membantu seseorang menderita obesitas dan diabetes. Dalam porsi 250ml jus buah mengandung 115 kalori hal ini setara dengan tujuh sendok teh gula. Itu melebihi rekomendasi WHO yang mana hanya menyarankan untuk mengonsumsi 6 sendok the setiap hari.

"Bagi anak-anak, jus buah dapat menyebabkan gigi busuk. Di Inggris, satu dari delapan anak telah menderita kerusakan gigi pada usia tiga tahun," katanya.


Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi jus buah, dengan cara membuatnya sendiri dan mengurangi kandungan gulanya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment