Sunday, July 6, 2014

Pengertian Kurma dan Kandungan Gizi Nutrisinya per 100 gram

Kandungan nutrisi kurma
Pengertian Kurma dan Kandungan Gizi Nutrisinya per 100 gram. Kurma adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Nama buahnya diambil dari nama pohonnya dan dapat dimakan. Buah kurma ini telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya.

Dalam bahasa Arab disebut  تمر‎, Tamr;  dan nama latin disebut Phoenix dactylifera. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Ukuran pohonnya sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.


Buahnya berbentuk lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Tabel Kandungan Gizi / Nutrisi Kurma Per 100 gram

Kalori 282
Jumlah Lemak 0.4 g
0%
Lemak Jenuh 0 g
0%
Lemak Tak Jenuh Ganda 0 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 2 mg
0%
Kalium 656 mg
18%
Jumlah Lemak 75 g
25%
Serat Pangan 8 g
32%
Gula 63 g
Protein 2.4 g
4%
Vitamin A
0%
Vitamin C
0%
Kalsium
3%
Iron
5%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
10%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
10%
*Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.

Sources include: USDA


Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kurma_(pohon)

No comments:

Post a Comment