Saturday, July 5, 2014

5 Manfaat Kesehatan Buka Puasa dengan Kurma

5 Manfaat Kesehatan Buka Puasa dengan Kurma
Manfaat Kesehatan Berbuka Puasa Dengan buah Kurma. Rasulullah SAW pernah menganjurkan kita untuk buka puasa dengan menggunakan buah kurma. Dan ternyata anjuran Rasulullah SAW tersebut ternyata sangat bermanfaat.  Disunnahkan untuk mengonsumsi buah kurma dengan jumlah yang ganjil sebelum mengonsumsi menu buka puasa yang lain.

Dibawah ini adalah manfaat buah kurma untuk buka puasa seperti yang dilansir oleh iberita.com

1. Mudah Dicerna

Kurma sangat mudah dicerna oleh pencernaan sehingga baik untuk digunakan sebagai menu awal berbuka puasa. Ketika berbuka puasa sebaiknya pertama kali mengonsumsi makanan yang mudah di cerna dan memiliki nutrisi yang menyehatkan untuk menghasilkan energi. Energi yang masuk dalam tubuh tersebut akan menggantikan energi tubuh yang terpakai akibat seharian tidak makan.

Baca Juga : 5 Buah Yang Baik Untuk Menu Buka Puasa

2. Menghilangkan Lapar

Saat berbuka mengonsumsi kurma sebanyak 1 atau 3 biji sudah cukup untuk menghilangkan lapar setelah seharian menahan berpuasa. Hal ini bermanfaat bagi Anda untuk mencegah makan berlebihan saat buka puasa.

3. Mempersiapkan Pencernaan

Memulai buka puasa dengan kurma akan mempersiapkan system pencernaan yang selama seharian tidak bekerja. Hal ini akan mengurangi rasa perih pada perut dan juga masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil dan Janin

4. Sumber Energi

Kurma mengandung energi dari glukosa yang baik bagi tubuh. Namun untuk penderita diabetes, ada baiknya membatasi asupan kurma sebab bagaimanapun glukosa yang terlalu banyak tak sehat bagi mereka.

5. Sumber Serat

Diketahui bahwa serat sangat baik bagi pencernaan. Pada kurma mengandung serat yang baik bagi pencernaan yang bermanfaat menjaga pencernaan dan menghindarkan dari sembelit akibat kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, gunakanlah buah kurma sebagai hidangan awal saat berpuasa.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment