Friday, July 25, 2014

Buah Buahan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Buah Buahan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil
Buah buahan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Selama masa kehamilan, mengonsumsi buah-buahan sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin. Karena buah-buahan merupakan sumber nutrisi. Namun ada beberapa buah yang harus dihindari ketika dalam masa kehamilan seperti buah-buahan yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

Dibawah ini adalah beberapa buah-buahan yang harus dihindari saat masa kehamilan :

1. Pepaya

Buah ini sebenarnya baik untuk melancarkan pencernaan karena kaya akan serat. Namun ternyata buah pepaya sebaiknya dihindari oleh ibu hamil pada saat trisemester ketiga dan masa akhir kehamilan.  Papaya yang harus dihindari adalah pepaya muda dan yang setengah matang. Hal ini karena kandungan lateks pada pepaya muda dapat memicu kontraksi rahim sehingga menyebabkan kelahiran lebih awal atau kelahiran prematur.

2. Nanas 

Buah ini mungkin sudah sangat terkenal akan bahayanya untuk ibu hamil. Kandungan bromelain pada nenas dapat menyebabkan pelunakan leher rahim yang menyebabkan kelahiran prematur. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit, tidak akan menyebabkan komplikasi kehamilan. Hindari buah ini pada saat trisemester pertama kehamilan. Yang harus dihindari adalah nanas muda karena mengandung bromelain yang sangat tinggi.



3. Anggur

Menurut beberapa ahli medis professional, wanita hamil sebaiknya tidak memakan buah anggur pada trisemester akhir karena dapat menyebabkan kandungan menjadi panas.

4. Buah yang tidak dicuci dengan bersih 

Selama masa kehamilan harus selalu menjaga kebersihan, salah satunya adalah kebersihan akan buah-buahan yang akan dimakan. Kebersihan makanan selama kehamilan adalah wajib untuk dapat menghindari infeksi dari toksoplasmosis.

5. Buah pemicu asam lambung

Selain itu buah-buahan yang dapat memicu asam lambung sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Karena dapat mengakibatkan asam lambung tinggi sehingga terjadi diare. Buah-buahan tersebut adalah nanas, nangka, durian dan cempedak yang mengandung gas tinggi.

Bagi ibu hamil untuk mengurangi atau menghindari buah-buahan tersebut agar masa kehamilan tetap terjaga.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :
http://www.parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=pregnancy&id=1150
http://health.kompas.com/read/2013/12/18/1344417/Makanan.yang.Harus.Dipantangkan.Selama.Hamil
http://health.detik.com/read/2012/04/13/071012/1891413/1299/sayur-dan-buah-yang-sebaiknya-dihindari-saat-hamil 

No comments:

Post a Comment