Thursday, June 19, 2014

7 Manfaat Luar Biasa Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

7 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan. Mendengar kata kangkung tidak lepas dari jenis sayur-sayuran. Sayuran ini biasanya disajikan dengan cara ditumis. Kangkung dapat dengan mudah kita temukan di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Sehingga sayuran ini sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Selain itu kangkung juga mengandung sejumlah besar vitamin A, C, B kompleks, asam folat, piridoksin, niasin, dan riboflavin.


Jika anda sering mengkonsumsi sayuran kangkung, yuk kita lihat manfaatnya dibawah ini seperti yang dilansir merdeka.com.

Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

7 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan
1. Menangkal Radikal Bebas
Sayuran kangkung dapat menangkal radikal bebas. Ini karena kangkung kaya akan zat antioksidan bernama phyuto yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh..

2. Kaya Akan Mineral
Kangkung juga kaya akan mineral yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk respirasi sel dan meningkatkan produksi sel dalam darah. Mineral yang terkandung dalam kangkung adalah mangan, kalsium, besi, magnesium, tembaga, kalium, dan seng.

3. Mencegah Bau Mulut
Kangkung berkhasiat menghilangkan bau mulut, karena kandungan minyak esensial seperti estragole, cineol, icomene, dan phellandrene. Minyak-minyak tersebut mampu membantu Anda untuk mengurangi bau mulut yang diakibatkan karena mikroba di dalam mulut.

4. Mengontrol Jumlah Trombosit
Penelitian membuktikan bahwa kangkung mengandung zat kimia tertentu yang baik untuk mengontrol jumlah trombosit di dalam darah. Dimana zat kimia tersebut juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

5. Mengurangi Stres dan Gula Darah
Kangkung dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah karena mengandung senyawa poli-fenolik yang dapat menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Bagi penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran ini.

6. Mengobati Sakit Gigi
JIka anda sedang mengalami sakit gigi,  cobalah untuk mengunyah beberapa daun kangkung. Kandungan minyak esensial di dalamnya yaitu eugenol bermanfaat sebagai zat antiseptik dan anestesi gigi.

7. Meningkatkan Nafsu Makan
Jika nafsu makan menurun, cobalah untuk mengkonsumsi sayuran ini. Diketahui bahwa kangkung mampu meningkatkan nafsu makan seseorang.


Itulah beberapa manfaat dari sayuran kangkung. Selain itu kangkung juga dikenal sebagai obat dispepsia (mengobati gangguan pencernaan), perut kembung, dan insomnia. Nah bagi anda yang sudah mengetahui manfaatnya, silahkan menggunakan sayur kangkung sebagai bagian dari hidangan makanan anda.

No comments:

Post a Comment