Sunday, June 1, 2014

10 Manfaat Asam Jawa (Tamarind) Untuk Kesehatan

manfaat asam jawa atau tamarind untuk kesehatan
10 Manfaat Asam Jawa (tamarind) Untuk Kesehatan. Asam jawa atau yang biasa juga disebut dengan tamarind merupakan buah yang mempunyai rasa sesuai dengan namanya. Dengan rasa asam, kebanyakan asam jawa digunakan sebagai bumbu dapur. Namun sekarang penyajian asam jawa sudah bukan untuk bumbu dapur saja tetapi biasa disajikan dalam bentuk jus dan permen.

Baca Juga : Pengertian Asam Jawa (Tamarind) dan Kandungan Gizinya

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari asam jawa

1 Membantu Sistem Saraf Bekerja Lebih Baik
Jika Anda sering merasa mati rasa dan otot-otot yang lemah, itu karena kekurangan thiamin. Kandungan Vitamin B dalam asam jawa, memainkan peran utama dalam fungsi tubuh termasuk saraf dan aktivitas otot.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Dengan mengkonsumsi asam jawa, secara alami Anda meningkatkan asupan magnesium. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi potasium tinggi dan magnesium memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada yang tidak.

3. Membantu Mencegah Sembelit
Tamarind atau asam jawa juga merupakan sumber serat yang tinggi, serat membantu mengatasi sembelit dan menjaga kelancaran pencernaan.

test

4. Mengontrol Tekanan Darah
Setiap 100 gram asam mengandung 2 kali lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Kalium membantu mengontrol tekanan darah dengan mengontrol efek natrium pada tubuh.

5. Mencegah Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, mengkonsumsi asam dapat membantu Anda melawan anemia.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol
Selain thiamin, asam adalah sumber yang baik dari niacin. Niasin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

7. Membantu Untuk Menghasilkan Energy
Riboflavin dalam asam jawa akan membantu melepaskan energi dari karbohidrat.

8. Membantu Proses Pembekuan Darah
Tamarind adalah buah yang kaya akan kalsium. Kalsium ( dengan bantuan vitamin K ) memiliki peran besar dalam proses pembekuan darah pada luka.

9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Gigi rusak atau perdarahan gusi bisa menjadi tanda kekurangan vitamin C dalam tubuh kita. Tamarind berisi beberapa vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebanyak 6 %.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Di antara semua buah-buahan dan sayuran, asam jawa adalah sumber tertinggi dari protein. Protein dapat menghasilkan antibodi yang membantu membasmi virus dan bakteri.

Sumber referensi :
Google + Idietitian

No comments:

Post a Comment