Friday, January 31, 2014

Manfaat Biji Jagung Bagi Kesehatan

Khasiat Biji Jagung Bagi Kesehatan. Dibeberapa daerah di Indonesia jagung banyak digunakan sebagai bahan makanan pokok.  Dan itu ternyata tidak salah, karena jagung dapat menggantikan peran nasi sebagai sumber karbohidrat. Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah di rekayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Baca Juga : Pengertian Jagung dan Kandungan Gizi / Nutrisi Per 100 Gram

Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Jagung

Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah Kalori : 355 Kalori, Protein : 9,2 gr, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Ferrum : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, Air : 12 gr.

Dan bagian yang dapat dimakan 90 %. Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah, namum mempunyai kandungan protein yang lebih banyak. Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Minyak Wijen Bagi Kesehatan

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan :

1. Jagung dapat Melancarkan Pencernaan
Kaya akan kandungan serat, jagung dapat membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari.

2. Jagung Baik dikonsumsi Ibu Hamil
Jagung kaya akan nutrisi asam folat yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat. Sehingga Ibu hamil sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi jagung.

3. Jagung Dapat Menyehatkan Mata
Jagung mengandung carotenoid yang menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja. Sering mengkonsumsi jagung dapat menjaga kesehatan mata.

4. Jagung Dapat Menyehatkan jantung
Sama seperti kegunaannya pada mata, carotenoid pada jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan arteri. Sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

5. Jagung Kaya Kalori dan Vitamin
Terdapat 342 kalori dalam setiap 100 gram jagung. Selain itu jagung juga juga kaya akan vitamin B kompleks yang menjaga kesehatan saraf.

6. Jagung Kaya Mineral
Mineral yang terkandung dalam jagung adalah magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium.

7. Jagung Mencegah Anemia
Konsumsi jagung secara rutin dapat mencegah anemia. Sebab anemia biasanya disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

8. Jagung Dapat Mengontrol Diabetes
Ternyata jagung dapat mengontrol diabetes. Sebab ada senyawa tertentu dalam jagung yang mampu menurunkan risiko serangan penyakit ini. Jadi para penderita diabetes baik untuk mengkonsumsi jagung.

9. Jagung Dapat Melawan Kanker
Kandungan antioksidan dalam jagung mampu melawan beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker hati. Jagung punya peran dalam membunuh sel kanker tanpa menyakiti sel sehat dalam tubuh.

10. Jagung Dapat Menyehatkan kulit
Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.

Baca Juga : Tujuh jagung yang banyak dibudidayakan di Indonesia

Itulah sepintas manfaat dari jagung. Jadi yang sering – seringlah konsumsi jagung untuk merasakan manfaatnya.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Jagung
http://www.merdeka.com/sehat/10-manfaat-mengejutkan-dari-jagung-bagi-kesehatan.html

No comments:

Post a Comment