Sunday, February 2, 2014

Manfaat Luar Biasa Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan. Buah yang hampir kita temui di rumah makan atau café yang disajikan dalam bentuk jus ini, ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa. Namun ada juga beberapa orang yang tidak ingin mengonsumsi alpukat karena kandungan minyak nabatinya yang tinggi. Padahal sebenarnya alpukat baik untuk tubuh jika di konsumsi seusuai aturan.

Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dariMeksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Pengertian Buah Alpukat

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Apokat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyerilambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

manfaat buah alpukat avokad bagi kesehatan
Banyak ahli kesehatan menganggap alpukat merupakan salah satu makanan sehat di dunia dan penelitian pun sudah menunjukkan bahwa pemakan alpukat cenderung lebih sehat ketimbang mereka tidak mengonsumsi. Dikenal sebagai makanan sehat, alpukat merupakan buah dengan jenis padat nutrisi. Sebagai gambaran, alpukat merupakan sumber serat, protein, dan lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bukah hanya itu, alpukat juga mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin B, seperti asam folat, vitamin A, C, E, dan K. Mineral yang ditemukan dalam alpukat sendiri mencakup tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan kalium. Tak ayal, buah aplukat memiliki kemampuan melindungi dan melawan berbagai penyakit.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil



Berikut ulasan beberapa kandungan yang terdapat dalam buah alpukat

1. Protein

Alpukat mengandung 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Berbeda dengan protein dalam daging yang sulit untuk dicerna bagi kebanyakan orang, protein alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena ia juga mengandung serat.

2. Lemak bermanfaat

Alpukat mengandung jenis lemak sehat, Seperti minyak zaitun, alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol "baik"). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes.

3. Karotenoid

Alpukat merupakan sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient. Alpukat, juga dikenal sebagai buah yang menawarkan beragam jenis karotenoid tidak hanya seperti beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin.

4. Anti-inflamasi

Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan (Anti-inflamasi). Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

Baca juga : 4 Manfaat luar biasa buah alpukat untuk kecantikan wanita

Setelah melihat kandungan nutrisi buah alpukat yuk intip manfaat buah ini bagi kesehatan. Berikut manfaat buah alpukat :

- Alpukat dapat Kesehatan otak

- Alpukat menjaga kesehatan Jantung

- Alpukat menyehatkan pembuluh arteri

- Alpukat menjaga tingkat Kolesterol LDL

- Alpukat Mengatur gula darah

- Alpukat menjaga tekanan darah

-Alpukat menjaga kesehatan mata

- Alpukat baik untuk ibu hamil

- Alpukat menyehatkan  kulit

- Alpukat sebagai anti-inflamasi

- Alpukat sebagai anti-aging

- Alpukat Sebagai anti-kanker

- Alpukat Membantu sistem pencernaan jadi lebih sehat.

Itulah ulasan lengkap tentang buah alpukat.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Apokat 
http://health.kompas.com/read/2012/01/06/1422363/6.Nutrisi.Berkhasiat.dari.Alpukat 
http://health.okezone.com/read/2013/11/21/484/900582/101-manfaat-sehat-konsumsi-alpukat

No comments:

Post a Comment