Thursday, February 6, 2014

12 Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan

manfaat ginseng bagi kesehatan
Khasiat Ginseng Untuk Kesehatan. Ginseng (Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia.

Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Baca Juga : Ekstrak Ginseng Dapat Mencegah FLU

Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan :

1. Membuat tubuh dan pikiran lebih sehat
Ginseng memberikan energi pada tubuh dan pikiran. Minum ginseng bisa mengembalikan stamina dan energi hingga tubuh Anda terasa segar kembali. Ginseng bertindak sebagai stimulan untuk membantu fungsi adrenal. Di mana hal itu membantu meningkatkan energi dan stamina Anda.


2. Menurunkan berat badan (diet)
Ginseng juga dikenal ampuh untuk memerangi obesitas dan mengontrol berat badan.

3. Baik untuk penderita diabetes tipe-2
Ginseng dapat mengontrol gula darah, terutama pada mereka yang memiliki diabetes tipe-2. Ginseng bisa membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dan mencegah gula darah melonjak terlalu tinggi.

4. Meningkatkan gairah seks
Ginseng juga membantu meningkatkan libido seseorang sebesar 180% dan kesuburan bagi pria maupun wanita. Di mana hal ginseng membantu jumlah sperma pria meningkat sampai hampir 200%. Di samping itu, pria yang mengkonsumsi ginseng mengembangkan fungsi ereksi dan kualitas sperma Anda. Sedangkan bagi wanita yang menderita penyimpangan hormon atau menopause, mengonsumsi ginseng menurunkan nyeri siklus menstruasi dan gejala menopause.

5. Meredakan menstruasi
Ginseng dapat mengatasi rasa sakit atau kram saat menstruasi.
6. Meningkatkan system kekebalan tubuh.
Ginseng dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ginseng juga membantu tubuh untuk menyesuaikan dan membantu untuk secara efektif mengatasi fisiologis, ketegangan biologis dan psikologis.

7. Sebagai antioksidan
Kandungan vitamin C pada ginseng, merupakan antioksidan yang membantu meningkatkan proses kognitif Anda.

8. Perimenopause dan menopause
Ginseng telah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi estrogen, yang menguntungkan bagi wanita perimenopause dan menopause.

9. Mencegah Osteoporosis
Kandungan kalsium pada ginseng dapat mencegah osteoporosis

10. Mengurangi resiko anemia
Zat besi dalam ginseng membantu untuk mengurangi risiko anemia.

11. Mencegah Kanker
Glucosinolates merupakan salah satu unsur ginseng, yang memiliki sifat anti-mutagenik dan anti-karsinogenik, dimana dapat membentengi Anda terhadap jenis kanker tertentu.

12. Menangani Sembelit
Ginseng dapat membantu menangani sembelit dan membantu dalam pengeluaran tinja. 

Itulah 13 manfaat dari akar ginseng. Semoga bermanfaat

Baca Juga : Manfaat Buah Mentimun Bagi Kesehatan

Sumber referensi :
http://health.okezone.com/read/2013/06/14/484/822166/1001-manfaat-ginseng-bagi-kesehatan-tubuh
http://www.merdeka.com/sehat/ketahui-5-khasiat-ginseng-untuk-kesehatan.html

No comments:

Post a Comment