Thursday, January 23, 2014

Manfaat Daun, Akar dan Jus Tebu Bagi Kesehatan

Khasiat Tebu Untuk Kesehatan. Buah yang yang jadi bahan baku gula dan vetsin, ternyata mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis, termasuk jenis rumput-rumputan dan umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun.

Dalam pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak, dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan gula 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air. Air perasan tebu sering dijadikan minuman segar pelepas lelah, air perasan tebu cukup baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menambah glukosa.

Baca Juga : Manfaat Sari ( Air ) Tebu Bagi Ibu Hamil

Kandungan Gizi Tebu:

Tebu kaya akan fosfor, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Kaya dengan kandungan gizi yang bermanfaat, tebu memiliki beberapa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Berikut beberpa manfaat tebu bagi kesehatan

manfaat daun, akar dan jus tebu bagi kesehatan
photo : duniafitnes.com
1. Tebu dapat Mencegah Stroke
Mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga dapat mencegah stroke.

2. Menguatkan Gusi dan Gigi
Air tebu dapat menjaga kesehatan gusi dan juga gigi dan dapat membuatnya menjadi kuat, caranya dengan meminum air tebu murni yang sudah dicampur air jeruk nipis dan juga garam.

3. Mengobati Mimisan
Ambil bagian tebu yang paling ujung kemudian rebus dengan air secukupnya, campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mendingin saring airnya dan minumlah.

4. Manfaat Daun Tebu Mengobati Masuk Angin
Rebuslah tiga helai daun tebu hingga mendidih dan minumlah air rebusan tersebut apabila rebusan tersebut sudah mendingin, lakukan secara rutin yaitu tiga kali sehari.

5. Melawan Kanker Payudara
Kandungan yang berada pada buah tebu merupakan sifat alkali yang dapat membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.



6. Baik Untuk Penderita Diabetes
Meski rasanya manis tebu aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami dan dapat menjaga kadar glukosa dara seimbang. Jadi, jika Anda dalam program diet penurunan berat badan atau diabetes, minumlah jus tebu.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

7. Menyembuhkan Pilek dan Sakit Tenggorokan
Konsumsi air tebu secara teratur dapat mencegah sakit tenggorokan, pilek, atau flu. Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, air tebu adalah obat terbaik untuk mengatasinya.

8. Manfaat Akar Tebu Meredakan jantung Berdebar
Untuk meredakan jantung berdebar, rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.

9. Meredakan Panas Tubuh
Minum air perasan tebu hitam secukupnya, air tebu hitam dapat membantu menurunkan suhu badan.

10. Mengobati Batuk
Peras 5 ruas tebu hitam dan minum airnya.

11. Mengobati penyakit kuning
Jus tebu adalah obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Jaundice adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran yang disebabkan oleh adanya billirubin dalam darah. Bilirubin yang berlebihan dalam darah merubah kulit menjadi kuning . Hati yang kurang berfungsi dan saluran empedu yang terblokir adalah penyebab penyakit kuning. Untuk mempercepat pemulihan, minumlah dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

12. Obat Infeksi Beberapa infeksi
Mengkonsumsi jus tebu secara teratur dapat mengobati penyakit seperti dysuira, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual dan peradangan pada perut (saluran pencernaan).

13. Obat Batu ginjal
Mengobati penyakit batu ginjal adalah salah satu khasiat yang paling efektif dari jus tebu. Jus tebu dapat memecah batu ginjal dan melarutkannya. Batu ginjal biasanya terbentuk karena dehidrasi.

14. Rehidrasi Banyak orang tidak cukup minum air dan menderita dehidrasi.
Air tebu sangat baik dalam menghidrasi tubuh. Jadi, minumlah segelas air tebu setiap hari selama cuaca panas agar tubuh tetap terhidrasi.

15. Memperkuat tubuh dan sistem kekebalan tubuh
Hal ini merupakan manfaat kesehatan terbaik yang diberikan oleh air tebu, yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh anak Anda. Tebu mengandung sukrosa yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Oleh sebab itu, jus tebu juga baik untuk menjaga kesehatan lambung, ginjal, jantung, dan mata.

16. Sumber antioksidan
Air tebu merupakan sumber kaya akan flavonoid dan fenolik. Seperti kita ketahui, flavonoid merupakan senyawa yang memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi, antitumor, antioksidan, antivirus, dan anti-alergi pada tubuh. Jadi, cobalah minum air tebu untuk menjaga kesehatan Anda.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Itulah beberapa manfaat dari daun akar dan air tebu bagi kesehatan
semoga bermanfaat

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tebu
http://www.gen22.net/2013/03/khasiat-tebu-dan-kandungan-gizinya.html
http://health.okezone.com/read/2013/10/21/484/884309/minum-air-tebu-cegah-batu-ginjal

No comments:

Post a Comment