Wednesday, January 15, 2014

Manfaat Buah Lemon Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Lemon Untuk Kesehatan. Lemon atau Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen) adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam sebuah makanan. Pohon lemon berukuran sedang biasanya dapat mencapai 6 m, tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun banyak dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Nah setelah mengetahui sekilas tentang buah lemon, yuk kita simak dan mengetahui beberapa manfaat dari buah lemon. Jangan cuman di konsumsi saja atau digunakan sebagai penyedap dan penyegar makanan tapi harus tau manfaatnya juga.

Baca Juga : Pengertian Buah Lemon Dan Kandungan Nutrisi / Gizi Per 100 gram

MANFAAT BUAH LEMON BAGI KESEHATAN

Manfaat Buah Lemon Membuat Rambut Berkilau
Air perasan buah lemon bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut lebih sehat, licin, dan berkilau. Ada 3 cara yaitu:

manfaat buah lemon bagi kesehatan- Campurkan air perasan lemon dengan air untuk mencuci rambut

- mencampurkan tiga sdm jus lemon dengan ¾ gelas minyak zaitun dan setengah gelas madu. Oleskan pada rambut dengan bantuan sisir, lalu diamkan selama setengah jam sambil ditutup shower cap. Setelahnya, cuci rambut seperti biasa.

- Kombinasikan jus lemon dan conditioner, sisir, dan jemur di bawah sinar matahari dalam beberapa jam, lalu cuci. Ulangi cara ini sekali dalam seminggu dan rambut diyakini akan lebih berkilau.

Lemon juga dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering.

Buah Lemon dapat Mengatasi Tumit dan Lutut yang kering dan kasar
Gosokkan potongan jeruk lemon pada tumit dan lutut yang kering, biarkan meresap ke dalam kulit. Kaki tidak perlu dibilas lagi. Paling baik jika didiamkan semalaman.

Manfaat Lemon Untuk mencerahkan wajah.
Gunakan Buah lemon sebagai masker , terutama bagi kulit berminyak. Campurkan air lemon dengan madu dan gunakan sebagai masker. Setelah 10 menit, bersihkan dengan air hangat.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi
Beberapa tetes lemon bisa digunakan sebagi obat kumur alami untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Lemon juga dapat sekaligus memutihkan gigi. Caranya, berkumur-kumur dengan air perasan lemon setelah menggosok gigi atau dengan mencampurkan jus lemon dengan baking soda, dan tempatkan di gigi selama satu menit. Lalu bersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan.

Menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat
Buah lemon berfungsi sebagai antibakteri dan jamur yang membuatnya sangat efektif mengatasi jerawat. Simpan buah lemon di kulkas agar dingin, lalu potong buah lemon dua bagian. Gosokkan irisan lemon ke sekitar wajah, atau untuk menghilangkan noda hitam bisa mencampurkan lemon dengan madu sebelum mengaplikasikannya. Tunggu dalam lima sampai 10 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.

Baca Juga : 5 Manfaat Minum Teh Lemon Bagi Kesehatan

Memperkuat dan Membersihkan Sela-sela Kuku
Lemon bisa digunakan sebagai alternatif perawatan kuku. Rendam kuku dalam air perasan lemon yang telah ditambahkan sedikit cuka dan air hangat sekitar 10 menit. Lalu gosok perlahan kuku dengan sikat kecil. Jika kuku rapuh dan ingin sekali membuatnya kuat dapat mencoba buah lemon. Campurkan perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, lalu rendam kuku Anda ke dalamnya. Selain itu rendaman ini juga membuat kuku lebih putih.

Mengobati Jerawat
Peraslah lemon ke dalam sebuah mangkok. Masukkan 1 gelas penuh susu dan 1 sendok teh gliserin ke dalamnya. Aduk rata dan diamkan selama setengah jam. Oleskan campuran ini pada wajah, tangan, dan kaki sebelum tidur malam. Cara ini akan membantu anda terlihat lebih muda dan cantik. Juga dapat membantu anda mengobati jerawat.

Mencegah Kulit berminyak
Bila kulit berminyak anda bisa mengoleskan lemon pada seluruh wajah agar wajah cerah dan minyak berkurang. Simpan sisa jeruk yang belum terpakai dalam lemari es. Ketika pertama dioleskan, kulit akan sedikti gatal. Itu wajar. Itu wajar. Lama-lama rasa gatal itu akan hilang. Akan tetapi bila kulit terasa perih dan gatal berkepanjangan, segera hentikan pemakaian lalu cuci muka hingga bersih. Itu tandanya kulit anda tidak cocok.

Mencegah Kulit Kering dan Kasar
Lemon dapat mencerahkan kulit dan mengatasi bintik-bintik hitam di wajah, serta bekas jerawat. Kandungan asam di lemon dapat mencerahkan kulit dan membuatnya makin segar. Namun hati-hati dengan bekas luka yang ada di wajah, gunakan saat kulit dalam keadaan bebas luka.

Campurkan satu kuning telur dengan beberapa tetes air lemon dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan diamkan sampai kulit terasa kering. Bersihkan dengan air dan percikan dengan air es.

Menghilangkan keletihan pada mata
Ambil masing-masing empat sendok makan air lemon dan air es. Taruh di sebuah kapas dan letakkan pada mata anda(yang tertutup) selama 10 menit.

Membuat bibir lebih lembab
Irisan lemon dapat menjadi perawatan bibir yang kering. Gosokkan ke bibir, dan kemudian cucilah dengan perlahan. Buah lemon akan mengangkat sel kulit mati sehingga bekas lipstik pun hilang dengan sempurna dan bibir jadi lebih sehat.

Buah lemon berkhasiat untuk meredakan gangguan lambung.
Lemon bekerja sebagai pemurni pembersih darah, dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu usus dalam pengeluaran sampah dengan lebih efisien. Selain itu buah ini berkhasiat untuk meredakan gangguan pencernaan.

Buah lemon berkhasiat untuk infeksi pada tenggorokan.
Buah lemon memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengatasi gangguan infeksi pada tenggorokan, sakit tenggorokan, dan tonsillitis. Buah lemon berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Untuk anda yang sedang menjalani program diet sebaiknya mengkonsumsi jus lemon atau yang diseduh dengan air hangat dicampur sedikit madu.

Buah lemon berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi.
Kandungan kalium dalam buah ini dapat membantu pasien yang menderita jantung, tekanan darah tinggi, pusing, dan dapat merilekskan tubuh serta pikiran.

Baca Juga : Manfaat Buah Nenas Bagi Kesehatan

Itulah beberapa manfaat dari buah lemon. Ternyata manfaat buahnya bukan hanya melalui konsumsi namun bisa digunakan diluar tubuh kita.

Semoga bermanfaat

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sitrun
http://usehat.blogspot.com/2012/10/khasiat-dan-manfaat-buah-lemon-untuk-tubuh.html
http://female.kompas.com/read/2013/08/15/1011525/9.Khasiat.Lemon.yang.Mengesankan.
http://www.berkhasiat.com/2013/09/manfaat-dan-khasiat-buah-lemon_6.html

No comments:

Post a Comment