Thursday, January 30, 2014

7 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Khasiat Ubi Jalar Untuk Kesehatan. Selain dijadikan bahan makanan pokok di daerah tertentu, ternyata Ubi Jalar mempunyai manfaat yang luar biasa. Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Dibandingkan dengan bahan makanan pokok lain, ubi jalar biasa memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU per 100 gram porsi, atau mencapai 89% kebutuhan harian. Beta karotena termasuk salah satu senyawa pembentuk vitamin A.

Selain itu ubi jalar juga sering dibuat menjadi cemilan atau makanan ringan, seperti keripik. Nah bagi yang suka mengkonsumsi cemilan ubi jalar, yuk lihat manfaat dari ubi jalar ini.

Baca Juga : Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan 

manfaat ubi jalar talas bagi kesehatan
1. Menurunkan Infeksi HIV/AIDS
Berdasarkan riset yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, ubi jalar merah yang berasal dari Papua mengandung senyawa beta karotena yang mampu menurunkan infeksi HIV/AIDS. Sehingga diusulkan menjadi diet utama penderita HIV/AIDS bersama bahan lain

2. Mengontrol Gula Darah dan Mencegah Diabetes
Kadar Glycemic Index (GI) pada ubi lebih rendah bila dibandingkan dengan nasi ataupun roti sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.Studi yang digelar oleh University of Vienna, Austria, pada 2003 silam, membuktikan bahwa pengidap diabetes melitus tipe II yang mengonsumsi ubi menunjukkan penurunan yang signifikan resistensi insulin tanpa perbedaan dalam berat badan, atau faktor lain yang mungkin akan mempengaruhi. 

Meski mengandung karbohidrat, ternyata ubi jalar memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah. Sehingga bisa menekan nafsu makan.

Baca Juga : 9 Alasan Kesehatan Mengkonsumsi Ubi Jalar

3. Menjaga System Pencernaan
Ubi jalar merupakan sumber serat alami yang baik bagi tubuh. Menurut The U.S. Sweet Potato Council Inc.,ubi yang dimasak beserta kulitnya menghasilkan lebih banyak serat dibanding seporsi oatmeal.Ubi jalar juga mengandung vitamin A, B, C, Kalsium dan potassium yang berfungsi untuk meringankan radang perut

4. Mencegah Antioksidan
Ubi jalar ini dapat mencegah cepatnya kerusakan sel tubuh, yakni penyebab utama penuaan dini. Selain itu, ubi jalar juga bermanfaat untuk mencegah kanker, mengendalikan gula darah dan menjaga elastisitas kulit.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah.
Studi lain yang pernah dilakukan menyebutkan, bahwa ubi jalar ini mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Sehingga, resiko stroke yang mungkin dapat menyerangnya dapat menurun hingga 40%.

6. Membantu Program Diet 
Ubi bisa menjadi alternatif asupan karbohidrat terbaik. Ubi mentah yang berukuran sedang mengandung 112 kalori, bebas lemak, kolesterol dan rendah sodium serta mampu memberikan energi lepas berkala sekaligus membuat perut Anda kenyang lebih lama.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Ubi mengandung lebih dari 200 persen vitamin A. Vitamin ini memberikan warna kuning pada ubi dalam bentuk beta karoten. Beta karoten juga berperan penting sebagai antioksidan serta menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Ubi_jalar
http://www.merdeka.com/sehat/makan-ubi-jalar-bisa-turunkan-berat-badan.html
http://www.alfalfa.co.id/ubi-jalar-makanan-sederhana-kaya-manfaat-bagi-kesehatan/
http://www.thecrowdvoice.com/post/5-manfaat-makan-ubi-jalar-untuk-kesehatan-4805686.html

No comments:

Post a Comment