Monday, December 30, 2013

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Salak Untuk Kesehatan. Buah Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan dan juga sangat digemari. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Salak sangat popular dengan sebutan buah meja. Selain dimakan segar, salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai keripik salak. Salak yang muda digunakan untuk bahan rujak. Umbut salak pun dapat dimakan.

Helai-helai anak daun dan kulit tangkai daunnya dapat digunakan sebagai bahan anyaman, meski tentunya sesudah duri-durinya dihilangkan lebih dahulu.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Rumpun salak kerap ditanam sebagai pagar karena durinya yang sangat kuat. Demikian pula, potongan-potongan tangkai daunnya yang telah mengering pun kerap digunakan sebagai pagar pelindung, atau untuk melindungi pohon yang tengah berbuah dari pencuri.

Untuk pengobatan seperti untuk menghentikan diare, jadi bila kebanyakan makan salak akan menyebabkan kesulitan membuang air besar dalam kadar menengah. kadang kulit salak juga di gunakan dalam traditional china medicine/jamu sebagai bahan obat.

Selain itu, buah salak ini juga memiliki beberapa manfaat dan akan saya bahas dibawah ini :

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Buah Salak

Setiap 100gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilokalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, zat besi 3,9 miligram. Selain itu  didalam sebuah salak juga mengandung vitamin C sebesar 8,4 miligram.

Baca Juga : 10 Buah Buahan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil



Manfaat Kesehatan Buah Salak Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Penelitian juga mengungkapkan bahwa salak mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya.

2. Mencegah dan Mengobati Kanker Prostat

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal "Intregative Center Therapies" kandungan salak berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandung betakaroten pada buah salak efektif untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka. Sehingga mengkonsumsi jus salak sangat baik untuk kesehatan mata.

3. Mencegah Sembelit dan sebagai anti diare

Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya ketika mengonsusmsi buah salak jangan anda buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah itu adalah mengandung serat, kandungan serat itulah yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit. Salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.

4. Membantu Program Diet

Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan anda untuk makan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga : Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

5. Manfaat dan khasiat daun salak untuk mengobati ambeien dan cara meramunya:

Ambil 5 lembar daun salak, lalu rebus daun salak tersebut dengan 2 gelas air berukuran sedang, campurkan air rebusan daun salak dengan gula merah. Saring air rebusan tersebut, minum ramuan ini minimal 2 kali sehari.

Manfaat dan khasiat kulit salak dapat digunakan untuk pengobatan dan meredakan diabetes kering dan juga menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh

Kupas l kulit buah salak secukupnya, cuci kulit salk dengan air hingga bersih, masukkan kulit buah salak ke dalam panci berisi air, lalu rebus hingga mendidih, saring air rebusan dan kemudian dinginkan lalu diminum, Minum ramuan ini minimal 3 kali sehari, lakukan cara ini secara rutin selama 2 minggu.

Itulah manfaat dari buah dan kulit salak, semoga dengan pembahasan diatas kita dapat mempertimbangkan untuk sering mengkonsumsi buah ini

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Salak
http://www.infoharianterbaru.com/2013/03/manfaat-buah-salak-dan-juga-khasiatnya.html
http://manfaatdaunobat.blogspot.com/2013/08/manfaat-khasiat-buah-salak-dan-daun.html

No comments:

Post a Comment