Friday, December 27, 2013

Manfaat Biji Bunga Matahari (Kuaci) Bagi Kesehatan

Khasiat Biji Bunga Matahari Kuaci Untuk Kesehatan. Kuaci (瓜籽 guā zǐ, biji labu) adalah camilan berupa biji semangka, biji waluh, atau biji bunga matahari yang dikeringkan dan diasinkan. Proses penyangraian memberikan aroma sedap, dan penambahan garam memberikan rasa gurih dan meningkatkan daya awet. Penambah cita rasa dan aroma yang sering dipakai dalam pembuatan kuaci adalah daun pandan, batang serai, kayu manis, kincam, dan pekak

Kandungan gizi kuaci bergantung kepada bahan baku. Kuaci biji bunga matahari berwarna kehitaman, dan banyak mengandung vitamin Bkompleks, vitamin B6, dan vitamin E. Komponen paling dominan pada minyak biji bunga matahari adalah asam lemak tak jenuh (88%), antara 44% hingga 72% adalah asam linoleat. Kadar protein kuaci semangka dan biji bunga matahari masing-masing 28,3 g/100 g dan 22,8 g/100 g. Kadar lemak pada kuaci biji semangka 47,4 g/100 g dan biji bunga matahari 49,6 g/100 g.

Kandungan lemak yang terdapat pada biji bunga matahari sangatlah baik untuk kesehatan, karena memiliki kandungan lemak yang baik yaitu lemak tak jenuh. Didalam biji bunga matahari terdapat juga lemak monosaturated yang sangat baik menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Biji bunga matahari juga memiliki beberapa kandungan, seperti: Vitamin E, biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yaitu antioksidan. Vitamin E juga dapat melawan radikal bebas serta menyimpan sel-sel dari kerusakan termasuk sel otak, mencegah penyakit jantung, mencegah mereka dari oksidasi kolesterol. Hal ini membuat kondisi jantung sehat dan menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.

manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan
Menurut Dr. James E. Duke, penulis buku Anti-ageing Prescription, biji bunga matahari dan jenis biji-bijian lain mengandung triptofan  --asam amino nonesensial-- yang dilepaskan setelah asupan karbohidrat, yang berperan melepaskan hormon serotonin ke dalam darah. Hormon serotonin ini mendatangkan perasaan relaks sehingga membantu mengatasi kondisi stres dan depresi yang menghambat kerja otak.


Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari Kuaci

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
Kandungan vitamin E yang terdapat pada kuaci dapat mencegah oksidasi kolesterol oleh radikal bebas. Radikal bebas tersebut menyebabkan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh plak kolesterol), hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pada arteri, penyakit jantung dan stroke.

Membantu Pertumbuhan
Sangat baik untuk masa pertumbuhan. Karena didalam biji bunga matahari terkandung protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sekitar 100 gram biji bunga matahari mengandung sekitar 21 gram protein (37% asupan protein harian yang direkomendasikan).

Mengurangi Resiko Diabetes
Asam klorogenat yang terkandung dalam biji bunga matahari mampu mengurangi kadar gula darah dengan cara membatasi pemecahan glikogen di dalam organ hati.

Melindungi Syaraf
Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin B1, yang fungsinya memperkuat lapisan myelin syaraf yang berfungsi menlindungi syaraf.

Sumber Antioksidan
Vitamin E yang terkandung dalam biji bunga matahari berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel dan mutasi sel.

Mengurangi Resiko Kanker
Mineral selenium yang terdapat pada biji bunga matahari mampu mencegah kerusakan sel dan mampu memperbaiki DNA sel. Selenium juga dapat mengurangi resiko kanker kolon, kanker kandung kemih dan kanker prostat.

Baik Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin E dalam bunga biji matahari diketahui dapat mencegah kerusakan sel kulit karena sinar ultraviolet. Sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit anda.

Menjaga Kesehatan Otak
Biji bunga matahari memiliki kandungan folat yang sangat baik, folat merupakan nutrisi baik bagi otak, sehingga menjaga kesehatan otak dan membantu fungsi otak.

Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan mineral magnesium dan fosfor yang sangat baik untuk membangun tulang yang kuat dan sehat, sehingga biji bunga matahari sangat baik di konsumsi

Menjaga Kesehatan Rambut
Dari 100 gram biji bunga matahari mengandung 5,25 mg zat besi (63% kebutuhan harian) dan 5 mg seng (45% kebutuhan harian). Ini sangat penting untuk menjaga kesuburan rambut.

Sebagai Penenang
Kandungan magnesium dalam kuaci adalah 'obat penenang' sehingga penggemar kuaci akan dijauhkan dari stres, migrain, dan tetap rileks.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kuaci
http://blogseputarherbal.blogspot.com/2013/09/10-manfaat-biji-bunga-matahari-bagi-kesehatan.html
http://www.merdeka.com/sehat/6-manfaat-kesehatan-makan-kuaci.html

No comments:

Post a Comment