Tuesday, October 1, 2013

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Buah PisangPisang merupakan salah satu buah-buahan yang banyak digemari dan biasanya disajikan dirumah makan sebagai makanan penutup. Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil dan Janin

Berikut beberapa kandungan dan manfaat yang terdapat pada buah pisang :

pisangKarbohidrat, sebagai sumber energy 

Kalsium, melancarkan sistem syaraf, fungsi otot dan otak, serta membantu pemeliharaan gigi dan tulang.

Kalium, sangat berperan dalam kesehatan jantung, tekanan darah, menjaga keseimbangan air di dalam tubuh dan membantu mengirimkan oksigen ke otak.

Vitamin: C, B6, A, D, K, folat, tiamin, riboflavin, niasin, dll.
Mineral: zat besi, fosfor, magnesium, seng, mangan, tembaga, selenium serta fluorida.

Dalam setiap 100 gr buah pisang terkandung kira-kira 90 kalori, sehingga sangat cocok untuk membantu bagi orang yang sedang melakukan program diet, karena kandungan lemak didalam pisang cukup kecil. Namun untuk mereka yang ingin gemuk pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi,  dengan mengkonsumsi 3-5 pisang per hari serta  dibantu dengan minum susu atau yoghurt. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam pisang dua kali lebih banyak dari pada yang terdapat pada buah apel, tidak hanya itu kandungan vitamin A nya lima kali lipat dari apel.

Beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan:
  • Merupakan sumber tenaga
  • Sumber vitamin dan serat
  • Membantu mengatasi masalah BAB
  • Asupan oksigen ke otak menjadi lancar, pisang kaya akan potasium yang berfungsi meperlancar sirkulasi oksigen ke otak.
  • Mencegah terjadinya gangguan di pembuluh darah di kepala, dengan mengkonsumsi banyak buah pisang maka dapat mencegah terjadinya gannguan pembuluh darah di kepala seperti stroke ataupun darah tinggi.
  • Mencegah sakit maag, pisang mengandung zat yang dapat menangkal zat asam di dalam lambung sehingga cocok untuk yang sakit maag.
  • Mengatasi nyeri haid, masalah seperti nyeri di perut atau keram pada saat datang bulan bagi wanita dapat dikurangi dengan makan buah pisang.
  • Membuat mood lebih baik, makan pisang ternyata dapat meningkatkan mood sehingga suasana hati menjadi lebih baik dan stabil.
  • Membantu dalam program diet.
  • Menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A
  • Menjaga kesehatan ginjal.
  • Menjaga kesehatan kulit menjadi lebih sehat dan segar.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat kulit buah pisang:

Selain isi buah pisang yang bermanfaat, Kulit pisang juga ternyata sangat bermanfaat buat kesehatan terutama untuk masalah gannguan pada kulit, gunakan kulit buah pisang bagian dalam lalu oleskan atau gosok-gosokkan dengan lembut kebagian kulit yang bermasalah secara rutin, beberapa masalah kulit seperti Jerawat, Psoriaris, Gatal dan iritasi, Mempercantik kulit, Kutil, Luka, Gatal karena gigitan nyamuk

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pisang
http://sehatalami99.blogspot.com/2013/06/manfaat-buah-pisang.html

No comments:

Post a Comment