Tuesday, October 8, 2013

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Manfaat dan khasiat buah nangka – Dalam bahasa latin buah nangka disebut juga Artocarpus heterophyllus dan termasuk dalam famili Moraceae. Dalam bahasa Inggris buah nangka dikenal dengan sebutan Jackfruit. Nangka masih bersaudara dengan cempedak dan sukun. Buah nangka memiliki sifat manis dan tekstur yang agak kenyal. Sehingga buah nangka banyak digemari.

Buah nangka dapat dikonsumsi ketika buanya telah masak, dan buah nangka yang masih muda juga sering dijadikan makanan lain sebagai teman nasi ataupun dijadikan sayuran. Makanan paling populer dari buah nangka muda adalah gudeg yang merupakan kuliner khas Jogja. Daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Di balik rasanya yang manis dan sebagai sayuran, buah nangka ternyata memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nangka mengandung vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin,kalsium, potasium, zat besi, dan magnesium.

buah nangkaManfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Berikut kami uraikan beberapa manfaat dan khasiat buah nangka :

Menyehatkan perut dan usus
Nangka baik untuk pencernaan dan dapat membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Selain itu, serat yang tinggi pada buahnya mencegah sembelit dan membantu buang air besar lebih lancar dan teratur. Seratnya juga melindungi selaput lendir usus besar dengan menjauhkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari vitmain C, antioksidan kuat yang membantu mencegah pilek dan infeksi. Vitamin C membantu berfungsinya sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

Perlindungan terhadap kanker
Selain mengandung vitamin C (antioksidan kuat), nangka juga kaya fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang dapat melawan kanker. Fitonutrien ini juga membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh penyebab kanker dan memperlambat degenerasi sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif. Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.




Baca Juga : Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Menurunkan tekanan darah
Kaya akan kalium, sekitar 300 mg dalam 100 gram nangka. Kalium penting bagi tubuh karena membantu menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi risik jantung dan stroke.

Membantu penglihatan
Vitamin A dan antioksidan yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk penglihatan yang dapat mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja. Vitamin ini juga menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
Meningkatkan energi. Nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi karena kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa.

Buah nangka juga mengandung mineral seperti mangan, besi, dan magnesium. Nangka juga mengandung banyak vitamin B seperti riboflavin, vitamin B6, asam folat dan niasin. Apa manfaat dari mineral dan vitamin pada nangka dapat kita lihat pada pembahasan dibawah ini :

Zat Besi -Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. 

Magnesium penting dalam penyerapan kalium dan bekerja dengan kalsium membantu tulang tetap kuat dan mencegah gangguan yang berhubungan dengan tulang sehingga mengurangi resiko terkena osteoporosis

Mangan diperlukan dalam tubuh membantun tulang dan jaringan ikat.

Niasin penting dalam menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf.

Vitamin B6membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah (peningkatan kadar homosistein berhubungan dengan penyakit kardiovaskular).

Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.

Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.

Baca Juga : Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

sayur nangka

Gula alamiseperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Bagaimana?? Ternyata banyak manfaat yang terdapat pada buah nangka. Buah yang mudah didapat dipasaran dengan harga murah. Semoga manfaat diatas dapat meningkatkan keinginan kita untuk sering mengkonsumsi buah nangka ini J

referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Nangka

http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/07/khasiat-buah-nangka.html

http://www.merdeka.com/sehat/10-khasiat-buah-nangka-bagi-tubuh-anda.html

No comments:

Post a Comment