Wednesday, March 13, 2013

Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Pir Untuk Kesehatan. Pir atau Pear adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis. Pear adalah nama dalam bahasa Inggris.

Pir adalah pohon yang berasal dari daerah beriklim tropis di Eropa Barat, Asia dan Afrika Utara. Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10-17 meter tapi sebagian spesies merupakan pohon yang pendek yang memiliki daun yang rimbun.

Daun berselang-seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang (lanceolate) yang langsing. Panjang antara 2 sampai 12 cm. Pada sebagian spesies, daun berwarna hijau mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan. Sebagian besar pohon merontokkan daunnya di musim dingin (deciduous) dengan perkecualian dua spesies Pir di Asia Tenggara selalu berdaun hijau sepanjang tahun (evergreen).

khasiat dan manfaat buah pir bagi kesehatanPohon sangat tahan cuaca membeku di musim dingin hingga −25 °C and −40 °C kecuali spesies yang selalu berdaun hijau hanya tahan dingin sampai −15 °C.

Bunganya mekar di sekitar bulan April, berwarna putih dengan sedikit aksen warna kuning atau merah jambu. Bunga terdiri dari 5 daun mahkota. Diameter bunga antara 2 sampai 4 cm. Buah bertipe buah pome dengan diameter 1-4 cm pada spesies liar, sedangkan pohon hasil budidaya menghasilkan buah pir berukuran besar dengan ukuran sampai 18 × 8 cm. Bentuk buah beraneka ragam, sebagian besar spesies menghasilkan buah berbentuk bulat. Sebagian spesies seperti Pir Eropa menghasilkan buah yang bentuknya membesar di bagian bawah dan langsing di bagian pangkal buah. Buah siap panen di awal musim gugur. Ada sekitar 30 spesies pohon dari genus Pyrus.




Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat buah pir yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya setiap hari secara teratur :

Membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh kita, karena kaya akan serat.
Mampu mengurangi polip yang ada pada usus besar, dan mengurangi resiko akan terserang penyakit kanker usus besar.
Buah pir mampu mengendalika tekanan darah di dalam tubuh kita.
Mencegah penyakit kanker.
Mengendalikan kadar kolesterol.
Mengurangi dan membantu menyembuhkan sakit kepala.
Meredakan sakit tenggorokan.

Di atas adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah pir ini setiap hari secara teratur.

Kandungan Buah Pir

Manfaat buah pir memang sangat banyak dan semua itu karena kandungan gizi dan nutrisi yang dimiliki buah pir ini sangat banyak. Buah pir sendiri kaya akan serat alami yang membantu proses pencernaan di dalam tubuh kita, selain itu buah pir juga kaya akan vitamin C. Kandungan kalium, kalsium, vitamin A, gula serta protein yang ada dalam buah pir sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu mengkonsumsi buah pir ini sangat disarankan untuk kesehatan tubuh kita.

referensi :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Pir
-http://makanansehat123.blogspot.com/2012/10/7-manfaat-buah-pir-untuk-kesehatan-tubuh.html

No comments:

Post a Comment