Wednesday, March 13, 2013

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan. Mengkudu (Basa Aceh: keumeudee, Jawa: pace, kemudu, kudu); cangkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi).

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Mengkudu (keumeudee) karena itu sering ditanam di dekat rumah di pedesaan di Aceh. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Beberapa khasiat yang di dapat dari buah mengkudu antara lain :

khasiat dan manfaat buah mengkudu
1. Buah mengkudu berkhasiat sebagai sumber antioksidan yang dapat mengunci radikal bebas yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.

2. Khasiatnya juga dapat meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar timus. Kedua kelenjar ini mempunyai fungsi melawan infeksi dan menjaga kekebalan tubuh. Menurunnya fungsi kelenjar ini akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.

3. Buah mengkudu mengandung mineral yang berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Dengan begitu, jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Alhasil, tekanan darah pun bisa normal.

4. Buah mengkudu juga dipercaya bisa mengendalikan sel kanker dan tumor. Memang, jika kanker atau tumor sudah muncul, maka pengobatan berupa operasi atau kemoterapilah yang dibutuhkan. Namun, mengonsumsi buah mengkudu secara teratur bisa menghambat pertumbuhan sel tumor atau sel kanker lebih besar.

5. Buah mengkudu mengandung dua belas zat aktif yang berkhasiat pengobatan. Diantaranya adalah yang disebut Anthraguinone dan Scopoletin yang aktif sebagai antimikroba, sehingga penting dalam mengatasi peradangan dan alergi. Komponen aktif yang terkandung dalam buah mengkudu juga berperan dalam meremajakan sel-sel tubuh dan mencegah perkembangan sel kanker.

Buah Mengkudu Mampu Membasmi Kanker

Umumnya orang tidak suka dengan buah mengkudu atau buah noni, karena bau atau aromanya yang tidak sedap. Namun, ternyata di balik itu buah mengkudu memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan manusia. Senyawa anthraquinone yang ada dalam buah noni sangat efektif membantu menghilangkan bahan kimia penyebab kanker sebelum sel kanker merusak DNA manusia.

“Senyawa yang terdapat pada buah Noni ini 40 kali lebih kuat dari sulphoraphane, senyawa antikanker lain yang ditemukan pada brokoli, dan tidak menunjukkan tanda-tanda keracunan, bahkan ketika diuji pada tingkat konsentrasi tertinggi,” kata nutrisionis Synergy Worldwide Indonesia, Hendri Priadi, melalui rilisnya kepada VIVAlife, Rabu 16 Januari 2013.

Ia menjelaskan hal tersebut berdasarkan penelitian hasil kolaborasi antara Dr Keller dan Dr Douglas Kinghorn dari Ohio State University.

Buah noni atau mengkudu telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun oleh penduduk di Polinesia dan Kepulauan Pasifik.  Di Polinesia buah ini digunakan untuk mengurangi nyeri akibat penyakit rematik sendi, sementara daun, akar, dan buahnya digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan di India .

“Buahnya yang berbau tajam ini dapat menghasilkan jus yang mengandung anthraquinone dan fitonutrien yang luar biasa unik,” kata Hendri.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Roy Indrasoemantri, konsultan kesehatan Synergy Worldwide Indonesia menjelaskan, sejumlah kandungan yang terdapat dalam Noni Plus Synergy  dapat membantu menyehatkan sel, jaringan dan organ tubuh.

“Juga dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh bahan kimia berbahaya, polusi, dan sejumlah radikal bebas lainnya yang dihasilkan oleh proses metabolisme tubuh,” ujar Dr Roy.

Selain kandungan utama Noni Plus Synergy yaitu ekstrak dan konsentrat jus buah noni, ditambahkan pula bahan alami lainnya seperti ekstrak dari buah bilberry, delima, apel, kulit anggur dan daun teh hijau, serta konsentrat dari buah anggur concord, blueberry, raspberry merah, anggur merah, dan jus chockeberry untuk memberikan rasa tropis yang nikmat dan menyenangkan.

Selain memberikan manfaat lebih mengingat tambahan bahan alami tersebut memiliki khasiat yang bersinergi dengan bahan utamanya yakni buah noni.

“Noni Plus Synergy menyediakan banyak nutrisi, antioksidan, polisakarida dan bahan-bahan aktif lainnya yang dapat diberikan untuk membantu penyembuhan berbagai masalah kesehatan  dan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung, pencernaan, kulit, rangka dan sendi, saraf, mental, dan emosi,” ujar Dr Roy

referensi :
-http://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu
-http://jogja.tribunnews.com/2012/05/02/inilah-5-khasiat-buah-mengkudu-untuk-kesehatan
-http://life.viva.co.id/news/read/382799-mengapa-buah-mengkudu-mampu-basmi-kanker-

No comments:

Post a Comment